12 Cara Mengatasi Ikon Headset Tidak Hilang – Bagaimana cara menghilangkan gambar headset di hp ? Cara menghilangkan gambar headset di hp sangat mudah. Berikut TumesKecil bagikan cara menghilangkan icon headset saat headset tidak terpasang

Kamu mengalami yang namanya hp keluar gambar headset tidak bersuara ? Jangan panik dulu soalnya lubang jack audio kamu masih belum rusak total kok. Kamu bisa menghilangkan logo headset yang muncul terus tersebut dengan mudah.

Ketika mendengarkan musik, agar musik yang terdengar lebih enak, seringkali kita menggunakan earphone ataupun headset. Hal ini karena saat menggunakan earphone maupun headset, kita dapat menangkap semua komponen suara dari lagu sehingga enak didengar.

Cara Menghilangkan Icon Headset Saat Headset Tidak Terpasang

Namun, apa jadinya jika setelah menggunakan earphone maupun headset dan melepaskan colokan dari jack HP, ikon headset  tidak hilang. Hal ini mengakibatkan speaker hp tidak mengeluarkan suara ketika menyetel musik maupun video. Tentunya membuat kamu bingung kenapa hal ini bisa terjadi.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan tanda headset di hp ?

Sebelum melangkah ke cara menghilangkan gambar headset di hp, mari pahami dulu penyebabnya.

 

 

Penyebab Ikon Headset Tidak Hilang di HP

Berikut adalah bebrapa penyebab yang menyebabkan ikon headset muncul terus meskipun melepas headset :

1. Menggunakan headset atau earphone yang tidak sesuai dengan port Jack audio HP

2. Colokan Jack pada headset lembab

Baca :   Menambah Kapasitas Hardisk PC/Laptop Secara Mudah Tanpa Software

3. Kerusakan IC headset

4. Terlalu dalam ketika memasukkan colokan earphone/headset

5. OS yang lawas

6. Virus

 

Cara Mengatasi Ikon Headset Tidak Hilang

Ada beberapa cara menghilangkan ikon headset saat headset tidak terpasang. Berikut langkah-langkah cara mengatasi icon headset tidak hilang yang bisa kamu lakukan (bisa dicoba satu-satu)

 

A. Masuk-keluarkan colokan headset

Cara mengatasi ikon headset tidak hilang yang pertama dalah denagn cara memasukkan colokan earphone/headset hingga setengahnya lalu keluarkan lagi. Hal ini akan membuat ikon headset muncul, lalu mati. Terus lakukan trik pancingan ini hingga ikon headset hilang.

Lakukan langkah ini dengan permulaan jeda agak lama , 5 detik misalnya. Setelah 5 kali percobaan, lakukan dengan jeda yang lebih cepat yakni 1 detik. Jangan lupa juga memutar-mutar konektor. Kami rekomendasikan agar sambil memutar musik biar lebih efektif.

 

B. Meniup lobang headset

Tutup lobang headset perlahan-lahan dan lembut. Mungkin bisa saja debu yang mengganjal pada lobang ini.
Mengingat debu bermuatan negatif yang membuat handphone mengira masih ada headset/earphone yang tertancap.

 

C. Bersihkan Lubang Jack dengan Cotton Bud

Saat pemakaian hp yang telah lama, tak mustahil debu yang tak nampak oleh mata masuk ke dalam lubang jack HP. Jika dalam waktu yang lama tidak dibersihkan, maka akan menimbum debu yang malah membuat dikira ada earphone yang tertancap, padahal enggak.

Untuk itu, bersihkan perlahan-lahan lubang Jack pada hp dengan cottonbud agar semua kotoran dan debu bersih dari dalam lubang Jack. Lalu bersihkan juga konektor jack yanga ada di earphone/headset karena bisa jadi konektornya juga kotor.

 

D. Lakukan Panggilan dengan Mode Loudspeaker

Lakukan panggilan telepon dan biarkan penerima telepon menerima telepon. Lalu masuklah ke mode Loudspeaker. Hal ini akan menghilangkan ikon headset di hp kamu.

 

E. Masukkan Colokan Headset dan Sentil Pelan – Pelan

Sebenarnya langkah ini hampir sama dengan trik nomor 1. Hanya saja pancingannya dengan cara sentilan pada colokan headset.

 

F. Restart HP

Biasanya, dengan merestart HP akan menghilangkan bug-bug yang sedang kamu hadapi saat itu. Nah, icon headset yang muncul terus ini bisa jadi adalah bug dari sistem android, terutama MIUI sih. Coba restart HP kamu dan coba dikombinasikan dengan cara-cara sebelumnya.

Baca :   13+ Cara Mengatasi Overlay Discord Tidak Muncul

 

G. Matikan HP dan cabut semua yang bisa dicabut (baterai, SIM, memori)

Jika merestart HP sudah dilakukan dan hasilnya nihil, maka jalan selanjutnya adalah mematikan HP dan mencabut baterai, kartu SIM, dan memori HP. Jangan langsung dipasang, tapi tunggu beberapa menit dahulu baru silakan pasang.

Cara ini lebih ampuh dari merestart HP karena dengan mematikan HP dan mencabut baterai, SIM, dan memori membuat HP terestart sepenuhnya.

 

H. Download aplikasi Headset Toggle (PlayStore)

Aplikasi Headset Toggle berfungsi untuk mematikan/mengaktifkan secara manual headset pada hp kamu. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua perangkat mendukung aplikasi ini. Jadi cek dahulu apakah perangkat kamu mendukung atau tidak.

Perlu dicatat, menggunakan aplikasi Headset Toggle hanya berlaku sementara, sehingga jika kamu sedang menerima panggilan, maka kamu harus masuk ke mode Loudspeaker atau dengan headset/earphone.

Sebelum menggunakan aplikasinya tentu kamu harus menginstalnya dulu kan. Sekarang di playstore aplikasi ini sudah tidak ada, kamu bisa mengunduhnya lewat sini . Tenang, web tersebut aman kok. Setelah diunduh, silakan instal aplikasinya.

Cara menggunakan headset toggle untuk menghilangkan ikon headset  cukup mudah. Masukkan headset, buka aplikasinya, dan pilih mode saat mode headset mati (seperti gambar), lalu copot headset. Jika masih gagal, ulangi lagi.

Cara Mengatasi Ikon Headset Tidak Hilang

Kamu dibatasi penggunaan hingga 100. Jika sudah mencapai batas tersebut, maka mau tidak mau kamu harus melihat iklan yang disediakan.

 

I. Dengan aplikasi Soundabout 

Jika dengan menggunakan aplikasi Headset Toggle belum membuahkan hasil, amka kamu bisa mencoba aplikasi yang bernama Soundabout ini sebagai alternatifnya.

Sounddabout adalah aplikasi yang berguna untuk mengatur berbagai setting suara pada smartphone. Selain itu, cara menghilangkan ikon headset bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi ini juga.

Tutorialnya :

  1. Download dahulu aplikasi Soundabout nya di Playstore (jika tidak ada, berikut alternatifnya)
APK

 2. Masuk ke Connectable Devices > Wired Headset Settings > hilangkan centang    di Wired Headset Detection

Baca :   5 Cara Logout Messenger di Android, iPhone, dan Website Facebook

 

J. Update Sistem Operasi Android

Jika tidak ada masalah pada hardware Jack audio, bisa jadi sistem operasi yang usang menjadi penyebabnya.

Sistem operasi Android yang lawas terkadang drivernya, tak luput driver input audio mengalami bug yang menyebabkan ikon headset tidak hilang – hilang.

Cara update sistem android dengan masuk ke Settings > Tentang ponsel > Update sistem operasi kamu.

 

K. Kembalikan ke Setelan Pabrik

Mengembalikan ke setelan  pabrik diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah yang ditimbulkan selama kamu menggunakan smartphone, salah satunya ya logo headset yang muncul terus ini.

Bisa jadi ketika penggunaan hp, sistem Android mengalami masalah yang berakibat pada software Jack audio kamu.

Sebelum melakukan pengembalian ke setelan pabrik, kami sarankan untuk backup data kamu terlebih dahulu agar data yang terhapus nanti bisa dipulihkan kembali.

Cara factory reset/kembali ke setelan pabrik dengan pergi ke Settings > Cadangkan dan Setel ulang > Kembalikan ke setelan pabrik

 

L. Pasrahkan ke Servis HP Terdekat

Jika semua langkah di atas gagal kamu lakukan dan tidak membuahkan hasil, maka langkah terakhir cara mengatasi ikon headset tidak hilang adalah serviskan ke reparasi hp terdekatmu.

Jika masalah yang dialami serius pada hardware Jack audio ataupun IC, biasanya servis akan diarahkan ke tempat servis hp resmi menurut vendor yang kamu gunakan.

 

Bonus, Tips Menjaga Lubang Jack Audio

Agar lubang jack audio kamu awet, maka ada baiknya kamu melakukan kiat-kiat berikut :

A. Gunakan penutup lubang jack audio. 

Biasanya di beberapa case hp sudah ada penutupnya. Namun jika tidak ada, belilah penutup tambahan agar lubang Jack audio terhindar dari debu

B. Jauhkan hp dari debu.

Debu yang masuk ke lubang Jack audio dapat mengganggu kompatibilitas Jack audio dalam mengenali headset/earphone karena debu bermuatan listrik negatif

C. Jangan sampai kemasukan air. 

Air dapat mengkaratkan logam termasuk port Jack audio kamu.

D. Rutin membersihkan jack audio

Bersihkan jack audio minimal 2 minggu sekali dengan cottonbud perlahan-lahan. Jika jack audio kamu bersih mending tidak perlu. Jangan terlalu sering karena juga dapat merusak jack audio.

E. Kalem Saat Memasukkan Colokan headset

Jangan terburu-buru atau bahkan terlalu kuat ketika memasukkan colokan headset ke jack audio hp. Tentunya lama kelamaan hal tersebut membuat port jack audio kamu lecet, atau muncul ikon headset, bahkan rusak total.

Akhir Kata

Itulah 7 Cara Mengatasi Ikon Headset Tidak  Hilang . Jika kamu punya trik lain bisa share ke kolom komentar di bawah. Kamu juga bisa bagikan artikel ini melalui tombol media sosial di bawah. Jangan lupa juga cek artikel berikut ya!

Incoming search : mengatasi hp xiaomi mode headset cara menghilangkan logo headset hp keluar gambar headset tidak bersuara solusi icon headset tidak hilang cara memperbaiki hp dalam mode headset cara menghilangkan gambar headset di hp