Cara Merawat Baterai HP agar Awet dan Tahan Lama - TumesKecil

Cara Merawat Baterai HP agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Baterai HP Baru agar Awet dan Tahan Lama  -  Bagaimana cara menggunakan baterai baru agar awet? Ada beberapa tips dan cara merawat baterai hp agar tidak kembung . Apa saja cara merawat baterai hp agar tidak boros ? Berikut artikelnya

Handphone saat ini adalah alat komunikasi yang amat sangat penting, oleh karena tips cara merawat hp agar awet sangat dibutuhkan.

Tanpa sebuah handphone, dapat dipastikan bahwa proses komunikasi tidak berjalan dengan lancar. Zaman memang sudah tidak bisa lagi disamakan dengan zaman dahulu, apabila handphone dianggap barang yang tidak penting maka berbagai macam
profesi akan terganggu.

Cara Merawat Baterai HP Baru agar Awet dan Tahan Lama

Sayangnya bila handphone mengalami kerusakan, maka data-data di dalamnya akan hilang dan jarang untuk bisa kembali lagi. Seperti foto, pesan, kontak dan lain-lain.

Kecerobohan dalam penggunaan handphone tersebut menjadi salah satu faktor mengapa handphone menjadi rusak dan tidak awet. Meskipun setiap waktu selalu keluar tipe dan merek hape baru, namun hp lama patut dirawat.

Apa Saja yang Harus Dirawat?

Ada banyak sekali komponen di dalam handphone yang harus dirawat, tidak hanya bagian luarnya saja namun juga bagian dalam handphone itu sendiri. Mulai dari layar, baterai, software dan memory di dalam handphone.

Orang kadang hanya perhatian pada bagian luarnya saja, misalnya dengan memasangkan pelindung karet silikon pada bagian belakang handphone. Upaya tersebut memang cukup ampuh untuk merawat casing belakang handphone dari goresan dan korosi akibat pemakaian luar.

Selain itu pemasangan silikon karet pada bagian belakang handphone juga mempercantik tampilan handphone itu sendiri. Ada berbagai macam inovasi dengan memberikan tambahan gambar dan pernak-pernik di bagian belakang handphone tersebut.

Jarang yang memperhatikan kesehatan baterai smartphone. Padahal, ia berperan penting dalam memberika daya bagi seluruh kompponen yang ada pada suatu smartphone.

Merawat Baterai Handphone

Baterai handphone adalah salah satu komponen utama yang harus dirawat dari sebuah handphone. Baterai yang bocor dapat mengakibatkan handphone mati secara tiba-tiba dan hal tersebut akan sangat mempengaruhi sistem di dalam handphone.

Selain itu, hal tersebut juga pasti akan sangat mengganggu aktivitas penggunaan handphone itu sendiri.

Akan sangat tidak nyaman sekali apabila sedang melakukan aktivitas penting seperti menelfon atau mendownload file namun tiba-tiba handphone mati akibat baterai bocor. Indikator penunjuk di layar menunjukkan baterai yang masih cukup banyak namun akibat kebocoran tersebut, hp suatu waktu mati dengan sendirinya.

Kemudian hanya dengan dicas sebentar saja sudah menyala lagi dan baterai kembali banyak.
Hal tidak menyenangkan seperti itu bisa diatasi sebenarnya dengan cara merawat hp baru yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara merawat baterai hp agar awet dan tahan lama yang dapat kamu coba :

1. Jangan charge hp ketika baterai masih sangat banyak

Cara agar baterai hp awet pertama adalah jangan mengecas hp ketika baterai masih sangat banyak, itu sangat tidak baik bagi kesehatan handphone. Hal tersebut menjadi salah satu pemicu baterai yang mengalami kebocoran.

cara merawat baterai hp


Arus listrik yang masuk ke dalam baterai menjadi tidak wajar akibat baterai yang masih banyak. Ketika posisi hp masih banyak baterainya maka prose mengecas tersebut biasanya akan memakan waktu lama sehingga merusak baterai.

Gejala pertama baterai yang mengalami kebocoran atau akan mengalami kebocoran adalah baterai yang menggelembung, ketika meraba bagian belakang handphone maka akan terasa seperti tonjolan halus. Selanjutnya handphone akan mudah sekali panas ketika dioperasikan.


2. Jangan mengecas handphone ketika sedang tidur




Cara merawat baterai hp agar awet yang kedua adalah tidak mengecas hp semalaman.

Mengecas hp semalaman juga sangat tidak baik bagi kesehatan baterai, pada akhirnya handphone juga menjadi tidak sehat akibatnya. Arus listrik tersebut dapat menggangggu handphone dan mengakibatkan kerusakan yang serius terhadap handphone.

Seringkali pula ada kasus handphone meledak akibat dicas semalaman. Handphone manjadi panas dan terjadi gesekan listrik di dalam handphone, kemudian handphone pun meledak.

cara merawat baterai hp saat mengecas yang benar adalah kamu bisa membeli colokan listrik yang memiliki timer untuk dapat memutus sambungan listrik secara otomatis, yang sudah banyak sekali tersedia di pasaran.


3. Jangan mengoperasikan handphone sampai baterai habis



Istilah baterai ngedrop adalah kata lain untuk baterai yang bocor. Menggunakan hape sampai baterai hape habis dan akhirnya handphone mati dengan sendirinya adalah perilaku yang harus diubah.

Dalam kondisi tertentu mungkin wajar bila handphone kehabisan baterai, misalnya ketika dalam situasi genting yang mengharuskan mengoperasikan handphone terus menerus sementara itu tidak menemukan arus listrik atau colokan untuk mengecas handhone.

Ketika baterai sudah low dan memerah, ada baiknya handphone dimatikan saja. Kemudian di cas dan dinyalakan kembali ketika sudah penuh. Kondisi terbaik untuk mengecas handphone adalah dengan cara dimatikan. Dengan mematikan hp saat ngecas, artinya kamu sudah melakukan salah satau cara merawat baterai hp awet dan tahan lama


4. Hindari penggunaan powerbank


cara merawat baterai hp agar tidak bocor


Penggunaan powerbank mungkin dianggap sebagai solusi atas baterai handphone yang lowbet. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar, ada kalanya arus listrik yang ada di dalam powerbank justru malah tidak sesuai dan justru merusak baterai.

Apalagi saat ini banyak sekali powerbank rakitan yang abal-abal alias kurang bagus. Powerbank dibuat sekenanya dengan baterai yang tidak jelas, akibatnya dapat terjadi kesalahan arus yang merusak baterai handphone.

Sama saja ujungnya baterai handphone menjadi bocor, yang paling parah dapat terjadi ledakan ketika powerbank dihubungkan dengan handphone. Cara merawat baterai hp agar awet memang tidak bisa sembarangan.


5. Perhatikan suhu HP

Perubahan suhu dan goncangan yang sangat ekstrim seperti ketika kamu mendaki ke gunung, dari yang awalnya hangat lalu sampai pada puncak tiba-tiba dingin, maka hpmu akan mati dengan sendirinya. Tidak hanya baterainya saja namun juga mesin handphone tersebut.

cara merawat hp baru
image : threebears.info

Ada baiknya kamu meletakkan handphone pada slot yang tetap hangat di dalam tas kamu. Saat ini teknologi yang ada di dalam hp sudah bisa mencegah agar hp tidak mengalami mati mesin akibat perubahan suhu.

Selain itu, HP yang memiliki suhu panas berlebih juga bisa mengakibatkan kerusakan komponen di dalam HP. Ada baiknya kamu menjaga suhu HP agar tidak terlalu panas dan juga terlalu dingin.



Bagaimana Bila Baterai Terlanjur Bocor?

Apabila baterai sudah terlanjur bocor, maka cara mengatasi batre bocor adalah tidak ada jalan lain selain mengganti baterai tersebut. Baterai handhone seri lawas yang masih pasang copot memiliki harga yang lebih terjangkau ketimbang hp yang sudah menerapkan sistem baterai tanam.

Selain itu pemasangannya sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri. Apabila hpmu menggunakan sistem baterai tanam, maka kamu harus datang ke gerai atau counter untuk mengganti baterai tersebut.

cara agar baterai tidak cepat habis


Keuntungan menggunakan hape yang masih menggunakan baterai pasang lepas adalah ketika hp mengalami hank atau blank, dengan sangat cepat hal itu dapat diatasi dengan cara mencabut baterai. Namun hal itu tidak baik karena selain merusak baterai itu sendiri juga merusak komponen di dalam hp.

Sementara untuk baterai tanam ketika mengalami hank, maka harus ditunggu sampai hank itu hilang dengan sendirinya. Menyebalkan memang, namun tidak ada jalan lain selain menunggu. Jika sudah tidak dapat hidup lagi, maka kamu bisa menghubungi service center terdekat untuk mengganti batre hp.

cara merawat hp android agar awet sebenarnya gampang yakni dengan pemakaian yang wajar saja. Jangan berlebihan dalam memainkan handphone apalagi sampai handphone panas.

Setelah baterai diganti, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah untuk tidak mengulangi prilaku yang dapat merusak baterai seperti yang sebelumnya. Jangan memforsir penggunaan handphone untuk hal-hal yang berat dan tidak perlu.

Misalnya saja untuk bermain game, namun lain kasusnya bila hp kamu memang didesain khusus untuk bermain game.


Akhir Kata

Terimakasih telah membaca artikel Cara Merawat Baterai HP Baru agar Awet dan Tahan Lama . Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru TumesKecil via email:

4 Responses to "Cara Merawat Baterai HP agar Awet dan Tahan Lama "

satria dwi saputro said...

hampir semua larangan itu pernah saya lakuin. Semoga hp saya tidak cepat rusak. thanks infonya mas.

Risna said...

👈👈 paling sering rusakin hp Mz, mlah cuman 1 hari mati total tukang servis angkat tangan.. aduuh 😵😵

Hendry Adriansyah said...

Amin. sama2 gan

himawan sant said...

Kadang muncul keinginan utak-atik gunain hp saat di charger.
Ternyata ngga disarankan ya...

Terumakasih tipsnya agar hp lebih awet,ya

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel