Cara Mengaktifkan & Menghilangkan Developer Options (Opsi Pengembang) di Semua Android - TumesKecil

Cara Mengaktifkan & Menghilangkan Developer Options (Opsi Pengembang) di Semua Android

Banyak yang bingung bagaimana cara mengaktifkan developer mode ataupun cara mematikannya. Padahal, jika kamu sudah tau caranya, sangat mudah. Sebelum beranjak ke cara mengaktifkan developer options dan cara menghilangkan opsi pengembang , yuk pahami dulu apa itu developer option dan juga fungsi developer option di android .

Opsi pengembang itu apa ? Opsi pengembang/Pilihan pengembang atau bahasa Inggrisnya Developer options adalah settingan dalam operasi sistem Android yang disembunyikan.

 Fungsi ini jika diaktifkan akan menampilkan pengaturan khusus seperti USB Debugging (biasanya untuk root), install aplikasi lewat USB, dan masih banyak lagi.

cara memunculkan dan mematikan developer option


Fitur ini disembunyikan karena bertujuan untuk yang pengguna android ingin lebih dalam mengoprek sistemnya.

Jadi, dengan kata lain menjauhkan orang-orang awam agar tidak salah pencet karena jika salah setting, sistem operasi bisa menjadi 'aneh' dan kalau gak bisa mengembalikannya tentunya membuat panik.

Nah, kali ini TumesKecil akan membagikan cara setting opsi pengembang android agar aktif dan cara menyembunyikan opsi pengembang .


Cara Mengaktifkan Developer Mode /Options

Sebagai informasi tambahan, umumnya developer mode ini disembunyikan di android 4.3 ke atas. Jadi, di android 4.3 ke bawah fitur ini bisa langsung muncul di Settings.

Cara memunculkan developer options :

1. Buka Setelan/Settings

2. Gulir ke bawah dan cari About phone/tentang ponsel

cara setting opsi pengembang android

3. Klik berkali-kali pada Build number/Nomor Versi hingga muncul notifikasi yang berbunyi Anda sudah menjadi pengembang (Developer) . Biasanya 7 kali, tapi kadang-kadang bisa lebih.

  • Untuk ponsel Xiaomi tidak ditemukan Build Number/Nomor versi. Tapi, sebagai gantinya adalah Versi MIUI.
cara mengaktifkan developer option

  • Untuk beberapa smartphone (cth : Samsung J7 2016) juga tidak ditemukan langsung Build number/Nomor Versi, tapi ada di Informasi perangkat lunak.
cara membuka developer option


4. Selesai, kamu sudah mengaktifkan developer options


Lalu, dimana opsi pengembang berada ?

Tidak sama letak Developer Options di semua perangkat Android. Letak opsi pengambang ini bisa di 2 tempat berikut, yaitu :
  • Di halaman pertama Setelan/Settings. Bisa di atas about phone
dimana opsi pengembang

  • Di Setelan/Settings > Setelan tambahan/Additional Settings
 cara memunculkan developer option


Cara Menyembunyikan Opsi Pengembang

cara menyembunyikan opsi pengembang juga sangat mudah sama mudahnya dengan cara aktifkan developer option android . cara menghilangkan developer option / opsi pengembang :

A. Menghapus Data di Setelan

Dengan menghapus data di setelan, berarti kamu menghapus semua perubahan yang telah kamu lakukan di Setelan seperti contohnya Opsi Pengembang. Setelah menghapusnya, maka Setelan  akan kembali ke defaultnya. Caranya :

1. Masuk ke Setelan/Settings

2. Masuk ke menu aplikasi terinstall > All apps

Langkah bisa beda. Intinya pokoknya masuk ke semua aplikasi.

3. Cari Setelan dan klik  >  Hapus data/Clear data
Jika kamu menemukan Settings juga seperti pada gambar, hapus juga data pada Settings.

cara menghilangkan opsi pengembang



B. Factory Reset

cara mematikan mode pengembang di poin ini kurang kami sarankan. Mengapa? Karena dengan factory reset, semua data di smartphone kamu kecuali di memori eksternal kamu terhapus permanen. Jadi, customisasi pada setelan sebelumnya juga ikut terhapus.

Saran kami, sebelum melakukan factory reset, pindahkan/backup dulu data-data ku yang penting ke kartu SD, laptop, hardisk, atau Cloud.

Cara factory reset :

1. Masuk ke Setelan/Settings

2. Pilih Factory Reset atau bisa juga Cadangkan & Setel Ulang
Jika tidak menemukan opsi ini, bisa jadi ada di Additional Settings/Setelan tambahan

cara menyembunyikan opsi pengembang

3. Pilih Reset device (Kembalikan ke setelan pabrik) dan konfirmasi ke langkah-langkah yang diminta agar factory reset berjalan

cara mematikan mode pengembang




Akhir Kata

Terimakasih telah membaca artikel cara mengaktifkan developer options di semua android . Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat.

Dicari juga : cara mengaktifkan developer option di xiaomi cara membuka developer option samsung cara menghilangkan mode pengembang oppo a57 cara menghilangkan opsi pengembang samsung cara buka opsi pengembang cara menonaktifkan opsi pengembang cara menampilkan opsi pengembang cara keluar dari opsi pengembang cara mengembalikan opsi pengembang ke semula

0 Response to "Cara Mengaktifkan & Menghilangkan Developer Options (Opsi Pengembang) di Semua Android"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel