Cara Screenshoot Panjang di Semua Android dan iOS dengan LongShot

Screenshoot panjang banyak dilakukan untuk membagikan informasi yang membutuhkan scroll seperti chat wa contohnya, menggunakan screenshot panjang wa jelas lebih efektif ketimbang screenshot satu persatu yang membutuhkan waktu lebih lama. Namun, banyak sekali aplikasi screenshot panjang yang ada di play store. Mana yang paling bagus? Simak terus artikelnya.

Screenshoot panjang tanpa aplikasi sebenarnya bisa dilakukan di beberapa smartphone android. Ya, beberapa. Jadi tak semua android bisa melakukannya tanpa aplikasi, hanya beberapa merk saja karena UI nya sudah tersemat fitur screenshot panjang ini. Tapi tenang

aplikasi screenshot panjang yang akan kita gunakan kali ini adalah Longshot. Aplikasi garapan Leav Jenn ini menawarkan fitur screenshoot panjang terlengkap dari berbagai aplikasi screenshot panjang lainnya. Ia memiliki 3 fitur utama, yakni : Capture panjang di aplikasi pilihan kamu, di web, atau menggabungkan beberapa screenshot sehingga menjadi screenshoot panjang .

aplikasi screenshot panjang


Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk cara screenshot panjang di whatsapp . Dengan aplikasi Longshot, sangat mudah melakukan cara screenshot panjang di whatsapp karena pada dasarnya, aplikasi ini sangat mudah digunakan.

Tidak hanya whatsapp kok, kamu juga bisa screenshot panjang apapun selama aplikasi tersebut bisa discroll ke bawah sehingga scroll capture bisa diambil.

Nah, kali ini TumesKecil akan membagikan tutorial / cara screenshoot panjang di semua android degan menggunakan aplikasi yang bernama Longshot.




Cara Screenshot Panjang di Semua Android dengan Longshot

Bagi yang masih bingung cara memakainya, berikut tutorial/cara menggunakan longshot :

1. Download dan instal aplikasi longshot di sini , untuk longshot apk di sini . Perlu diketahui, OS minimal android kamu adalah Android 5.0 (Lolipop) agar bisa menginstal aplikasi ini.

*Jika android kamu di bawah 5.0, silakan gunakan Market Helper, caranya di sini (poin F)

2. Buka aplikasinya. Jika meminta perizinan, pilih IZINKAN

3. Klik ikon capture. Jika meminta perizinan, silakan izinkan aksesibilitas Aplikasi Longshot (sesuaikan dengan HP kamu)

cara screenshoot panjang


4. Masuk ke aplikasi yang ingin kamu screenshot

5. Pada notifikasi yang muncul, centang Jangan tampilkan lagi > klik MULAI > klik MULAI (tombol hijau melayang)

screenshot panjang wa


6. Scroll perlahan-lahan ke bawah (jari di area di bawah garis merah). Jangan terlalu cepat karena mengakibatkan hasil screenshot rusak.

Batas screenshot terakhir adalah garis merah.

Jika screenshot dirasa cukup, silakan klik tombol Selesai


cara screenshot panjang di whatsapp


7. Jika ingin menyesuaikan, silakan  sesuaikan sendiri.

Setelah itu, klik Simpan di pojok kanan atas

longshot apk


8. Selesai.

cara screenshot panjang oppo



Disimpan Dimana?

Secara default, Aplikasi Longshot menyimpannya di /storage/emulated/0/longshot . Alias sederhananya di memori internal > longshot

Jika kamu ingin mengubah lokasi penyimpanannya, silakan pergi ke halaman utama longshot > klik ikon setelah (gerigi) di pojok kanan atas > klik direktori penyimpanan > pilih folder.
Atau jika ingin membuat folder baru tinggal klik ikon + (tambah) di pojok kanan atas > Beri nama > Confirm

cara screenshot panjang samsung j5


Fitur Lainnya

Selain Capture (Menangkap Layar) lewat aplikasi, ada dua fitur tambahan lainnya, yakni :

a. Tangkap Halaman Web (Capture Web Page)


cara screenshot panjang hp xiaomi


Kamu juga bisa membuat screenshot panjang di situs yang kamu inginkan dengan memilih Tangkap Halaman Web . Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci atau url di kotak yang disediakan > scroll untuk screenshot layar > klik Akhiri di sini dan tangkap layar ( tombol oranye di pojok kanan bawah)  > klik Selesai.

b. Pilih Gambar (Select Images)




Selain itu, kamu juga bisa screenshot manual satu persatu, lalu menggabungkannya. Memang agak ribet karena kenapa? Hasil screenshot kamu tidak selalu pas, ada bagian yang lebih, atau kurang. Jadi kamu harus teliti menyesuaikannya jika menggunakan menggunakan fitur Pilih gambar ini.

Selain itu, fitur ini cukup berat. Hal ini saya rasakan ketika menjalankannya di HP RAM 3GB saja sudah ngelag. Jadi, fitur ini tak kami rekomendasikan. Cara menggunakannya, pada Home, pilih Select image > Centang fotonya > klik Join. Sesuaikan dahulu jika ingin hasil scroll capture panjang rapih.


Rekomendasi Aplikasi Screenshot Panjang Lainnya

Dari berbagai aplikasi, sebenarnya saya paling rekomendasikan adalah aplikasi yang kami review kali ini. Ya, Longshot. Namun jika kamu ingin mencoba aplikasi screeshot panjang lainnya juga tak masalah.

Bisa kamu bandingkan sendiri fiturnya. Karena kebanyakan Aplikasi Screenshot panjang tidak bisa screeshot Aplikasi, hanya screeshot web saja. Berikut Aplikasi Screenshot panjang lainnya :

1. Firefox Rocket
2. LongScreenshot (Rekomendasi)
3. Stitchcraft
4. Stitch & Share
5. WebPage Capture
6. Scroll Capture for Web


Bagaimana dengan Pengguna iOS ?

Nah, untuk pengguna iOS, jarang sekali aplikasi seperti ini. Tapi, sebenarnya screenshot panjang di iPhone bisa dilakukan. Untuk pengguna iOS, silakan download aplikasi yang bernama Long screenshot di App Store. Untuk mendownloadnya, klik link di sini.

Aplikasi Long screenshot untuk iOS ini, menurut deskripsinya hanya bisa mengcapture (screenshot) di halaman web. jadi, misalnya ingin screenshot aplikasi tidak bisa. Tapi lumayan terbantu lah jika kamu ingin capture artikel, ketimbang share link kan kadang teman malas ngeklik, jadi screenshot anjang bisa jadi sousinya.


Akhir Kata

Terimakasih telah membaca artikel cara screenshoot panjang di semua android dan iOS. Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat.

Dicari juga : cara screenshot panjang oppo a37 cara screenshot panjang samsung j5 cara screenshot panjang asus cara screenshot panjang hp xiaomi

Berlangganan update artikel terbaru TumesKecil via email:

0 Response to "Cara Screenshoot Panjang di Semua Android dan iOS dengan LongShot"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel