Ini Dia Dampak Positif dan Negatif Teknologi bagi Kehidupan Manusia

Tidak ada yang menyangkal jika kini kita hidup di era penuh dengan teknologi. Saat ini, teknologi sudah menjadi sebuah bagian penting dari hidup, dan memberikan banyak manfaat bagi aktivitas kita sehari-hari. Apakah itu membantu meringankan pekerjaan, atau sekadar memembuat sesuatu yang baru.

Dengan semakin banyaknya perubahan teknologi, ada juga perubahan dalam masyarakat. Dan cara membaca dan dan berpikir juga berubah seiring dengan kemajuan teknologi. Kini sudah ada banyak debat apakah efek dari teknologi sepenuhnya menguntungkan atau tidak dan apa saja dampak positif dan negatif teknologi bagi kehidupan manusia?

Dampak Positif dan Negatif Teknologi bagi Kehidupan Manusia

Sebelum mengetahuinya ada beberapa fakta yang perlu diketahui tentang perkembangan dunia teknologi saat ini:

  • Lebih dari 90% orang dewasa selalu menempatkan smartphone/handphone dalam jangkauan.
  • Dari total lebih dari 7 miliar populasi di dunia, sekitar 4 miliar memiliki handphone.
  • Komputer personal pertama dirilis di tahun 1950 dan terjual seharga $300.
  • Lebih dari satu juta nama domain didaftarkan setiap bulannya.
  • Mesin pencari google menjawab lebih dari 1 miliar pencarian setiap harinya.


Dari fakta-fakta tersebut, diketahui bahwa teknologi, khususnya komputer, baru terjadi kurang dari 100 tahun lalu. Sehingga kita bisa merasakan betapa cepatnya perkembangan teknologi yang ada. Berikut adalah pro dan kontra tentang perkembangan teknologi.

Kebaikan Kemajuan Teknologi

Jelas dengan adanya teknologi memiliki dampak positif. Apa saja dampak positif teknologi bagi kehidupan manusia ?

1. Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Beragam produk teknologi baru seperti komputer, email, Internet, media sosial sekarang sudah memberikan dampak langsung bagi masyarakat, apalagi bisnis. Kini berapa hal rumit seperti pengumpulan data, bisa dilakukan dengan teknologi. Sehingga menjadikan bisnis lebih lancar.

2. Menambah Lapangan Pekerjaan

Revolusi industri dahulu dikritik karena banyak menghilangkan lapangan pekerjaan. Mesin digunakan untuk memproduksi barang. Tapi dengan berkembangnya teknologi, kini mesin-mesin menjadi lebih sederhana, dan membutuhkan banyak orang untuk mengoperasikannya, mengembangkannya, dan memeliharanya.

3. Lebih Mudah Berkomunikasi

Kini berkomunikasi menjadi lebih mudah. Dengan adanya jaringan telepon dan Internet. Kita bahkan tidak hanya bisa mendengar suara, tapi juga bertukar gambar dan video streaming. Sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dan lebih terbuka dalam mempelajari beragam budaya di dunia.

4. Bidang Kesehatan Lebih Maju

Lewat berbagai teknologi yang berkembang, bidang medis juga ikut berkembang. Kini sudah banyak teknologi yang memudahkan beragam kebutuhan medis. Sehingga penanganan kesehatan lebih mudah dilakukan.


Kekurangan Kemajuan Teknologi

Selain dampak positif, ternyata perkembangan teknologi juga membawa dampak negatif. Apa saja dampak negatif teknologi bagi manusia ?

1. Kesenjangan Sosial yang Semakin Terasa

Teknologi datang dengan harga. Yang terbaik dijual mahal, sementara yang tidak dijual murah. Dan yang terbaik adalah yang mengikuti tren terbaru. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengikuti tren tersebut. Sehingga hal ini menjadi bentuk kesenjangan sosial yang diciptakan teknologi.

2. Melahirkan Generasi Pemalas

Dengan segala hal menjadi lebih mudah dilakukan, kini ada sebuah generasi baru yang memanfaatkan teknologi untuk apapun. Hal ini, walaupun lebih efektif, akan melahirkan para generasi yang pemalas.

Definisi bekerja keras menjadi berubah, dan mereka seringkali melupakan sesuatu; karena akan mudah mengingatnya dengan mencari jawaban di Internet saat kita tidak tahu. Banyak juga yang lebih berfokus pada teknologi dibandingkan dengan melakukan aktivitas di luar rumah.

3. Teknologi Lain Cepat Usang

Semakin cepat teknologi berkembang, semakin cepat juga versi yang lebih efisien diciptakan. Hal ini menjadi masalah karena saat kita memiliki teknologi terbaru dan terbaik, tapi dalam waktu singkat, teknologi tersebut akan dengan mudah digantikan oleh yang lebih canggih.

Hal ini menjadikan kini banyak peralatan seperti komputer, smartphone, dan tablet yang tidak lagi digunakan karena sudah ketinggalan zaman. Padahal baru diproduksi satu atau dua tahun ke belakang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Dia Dampak Positif dan Negatif Teknologi bagi Kehidupan Manusia"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel