Pengalaman Ngeblog dari Nol hingga Menghasilkan

Selamat pagi, siang, sore, dan malam kapanpun kalian sedang membaca postingan ini. Keluar dari topik postingan blog ini yang biasanya bahas tips dan trik android dan dunia gadget, kali ini saya menceritakan pengalaman saya pribadi dalam dunia blogging. Tujuan utama artikel ini dibuat adalah untuk memotivasi kalian untuk menambah semangat dalam menjalankan blog.

Perkenalkan dulu saya sebagai pendiri sekaligus satu-satunya penulis dan yang mengatur blog TumesKecil, Hendry Adriansyah. Lahir di sebuah kecamatan kecil di perbatasan kabupaten Jember dan Lumajang pada tanggal 12 Juli 2001. Sehingga pada tahun ini saya sudah menginjak umur 17 dimana saya sudah duduk di bangku SMA kelas XII.

pengalaman ngeblog hingga menghasilkan

Latar Belakang Ngeblog


Saya mulai mengenal istilah 'blog' sejak tahun 2013 dimana saya saat itu masih kelas VII. Saat itu, saya mencari-cari cara menghasilkan uang lewat internet, hal yang satu-satunya membuat saya tertarik adalah Blogging.

Sehingga saat itu, saya mencoba mencari-cari informasi mengenai dunia blogging. Pertama, saya mengenal CMS dari Mbah Google, yakni Blogger.
*CMS : Sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur seluruh tampilan, konten hingga sistem dari suatu web atau blog.

Saat awam-awamnya saya dengan dunia blogging, saya mencoba membuat blog dari Blogger. Blognya bukan blog TumesKecil ini ya. Saya lupa namanya karena memang sudah lama blog tersebut sudah saya hapus. Setelah bikin blog, lalu saya mengisikan artikelnya dengan copas dari blog lain. Maklum copas karena saat itu masih belum tau cara bikin artikel dan ingin cepetnya aja.

Semakin hari artikelnya copas-an saya semakin banyak. Namun, semakin lama saya semakin jenuh ngeblog karena memang saat itu saya gak tau harus ngapain agar ngeblog dapat uang. Jadi selang beberapa hari setelah blog dibuat, blog tersebut saya telantarkan.

Setelah 3 bulanan, saya penasaran dengan keadaan blog tersebut. Syukur Alhamdulillah saya seneng banget karena saya dapat views dalam 1 artikelnya sekitar 20.000. Seneng banget waktu itu. Tapi, anehnya saya, tetap gak daftarin blog ini ke platform periklanan google adsense. Mungkin waktu itu saya pikir itu blog yang gak cocok buat daftar ke adsense.


Vakum 


Meskipun dapat trafik sebesar itu, anehnya saya tak melanjutkan blog tersebut. Karena apa? Karena waktu itu saya menjadi weaboo yang cukup parah. Sehingga minat saya pada anime mengalahkan minat saya pada blogging. Saking parahnya sampai tugas dan Ulangan Harian sekolah saya terlalaikan. Setiap harinya, saya selalu update anime musim tersebut mulai dari A sampai Z saya download dan tonton anime musim tersebut.

Demam ini terus menerus jadi candu saya di masa SMP. Namun, mereda setelah saya selesai UN (tahun 2016). saya mulai menekuni blogging dan mulai mengurangi menonton anime. Inget, mengurangi loh ya :v bukan berhenti. Tapi dengan mengurangi tersebut, saya bisa ngeblog lagi.

Entah kenapa, saya rasa blog lama saya kurang pas kalau dilanjutkan. Jadi, saya hapus blog tersebut dan membuat blog baru, eits bukan TumesKecil, namun bacain-aja.blogspot.com

Hari demi hari konten pada blog tersebut mulai terisi. Singkat cerita, saat artikel saya sudah mencapai 10 biji, saya daftarkan adsense. Namun, setelah beberapa hari, saya ditolak terus menerus Jadi Publisher adsense.

Sekali lagi, saya vakum dari ngeblog karena putus asa dengan hal ini. Jadi blog bacain-aja saya tinggalkan dan beralih ke dunia anime lagi.

Mulai dari Awal


Singkat cerita saya masuk SMA di Lumajang, Alhamdulillah SMA rujukan atau favorit di kota ini. Karena saya dari kecamatan kecil, saya punya teman yang sedikit di SMA ini. Namun, suatu hari saat pra-MOS saya diajak bicara dengan seseorang dan kita akrab.

Beberapa hari kemudian, saat pembagian kelas, saya sekelas dengan teman baru saya itu. Jadi kita duduk bareng dan berbincang-bincang mengenai pribadi masing-masing. Di salah satu perbincangan, dia membicarakan blog. Langsung saya tertarik banget kalau bicara blogging karena dari dulu saya tak punya teman bloger. Alhasil, saya mulai tertarik untuk membangun blog lagi.

Saat itu, terciptalah blog TumesKecil pada Juni 2017. Waktu itu blog ini masih berdomain TumesKecil.blogspot.com karena saya hanya bisa ngeblog dengan CMS blogger dan belum beli domain. Bahkan belum tau caranya beli domain.

Saya pindahkan beberapa artikel di bacain-aja ke TumesKecil. Lalu saya belajar sedikit-sedikit mengenai SEO. Belajar membuat konten original dan unik. Alhamdulillah hasilnya beberapa bulan sangat memuaskan. Trafik ribuan berdatangan setiap harinya. Saya sangat bersyukur dengan tradik tersebut. Sehingga saat artikel saya berjumlah 10, saya daftarkan ke adsense.


Email pertama ditolak. Tapi saya tak patah semangat dan daftar lagi. Syukur saya diterima jadi publisher adsense hosted. Saya sangat gembira waktu itu karena diterima jadi publisher adsense.

Namun, pada suatu hari saya gak sengaja klik iklan di blog saya. Saya dapat email jika adsense saya disabled atau kena suspen. Saya sangat menyesal saat itu. Tapi saya tak patah semangat dan bikin konten lagi.

Saat artikel berjumlah 15, saya daftarkan ke adsense lagi. Beberapa hari kemudian ada email penolakan dari adsense. Saya tetep bersikukuh daftar, ditolak, daftar, ditolak, daftar, terus seperti itu hingga kesepuluh kalinya saya berputus asa.

Pakai TLD 


Lalu saya berusaha Googling tips agar  diterima jadi publisher adsense. Salah satunya saya temukan adalah dengan menjadikan domain blog kita TLD (Top Level Domain) seperti .com , .net , dll. Jadi saya memberanikan diri buat beli domain dengan menyisihkan uang saku dari orang tua. Saya waktu itu gak tau apa-apa bagaimana cara setting domain untuk sebuah blog, jadi saya modal berani juga.

Waktu itu saya membeli domain di niagahoster. Saya beli di sini karena banyak sekali rekomendasi dari berbagai blog mengenai situs penyedia domain ini jika memang niagahoster supportnya sangat cepat. Selain itu, niagahoster sudah dipercaya oleh ratusan ribu clientnya . Jadi, sebagai orang awam saya cukup tertarik membeli TLD di niagahoster.

Sebenarnya, niagahoster tidak hanya menyediakan domain saja, namun juga menyediakan web hosting unlimited untuk kamu yang pakai CMS self hosted. Web hosting niagahoster diklaim memiliki server uptime hingga 99,9%, disk space dan bandwidth unlimited, dan gratis domain dan SSL selamanya. Jadi, kamu yang butuh hosting, bisa hosting di niagahoster dan sangat kami rekomendasikan.

Setelah saya beli domain di niagahoster, saya memang bingung bagaimana setting domainnya. Tapi setelah saya dituntun oleh CS nya yang sangat ramah, akhirnya saya bisa setting domain untuk TumesKecil.blogspot.com menjadi TumesKecil.com mulai Oktober 2017.

Setelah mendapatkan domain baru, saya tak langsung mendaftar ke adsense. Saya isi konten dahulu. Pada Desember 2017 saya daftarkan adsense lagi. Hasilnya sangat menggembirakan karena langsung diterima dalam beberapa jam dan langsung Review tahap 2.

Esok harinya langsung diterima full approved. Bahagia sekali waktu itu. Tapi saya tau kalau perjuangan Yang sesungguhnya baru dimulai. Benar sekali, mulai Desember 2017 hingga Februari 2018 saya hanya mendapatkan Rp.100 hingga Rp.2000.


Ganti Template


Pada bulan Februari, saya denger ada template yang sangat viral dari mas Sugeng. Namanya Viomagz, template yang saat ini masih TumesKecil gunakan. Alhamdulillah sejak saya menggunakan template ini, penghasilan saya meningkat drastis dari yang Rp.2000 perhari menjadi Rp.20.000 perhari. Mungkin ini karena template sebelumnya yang sangat berat dan Viomagz sangat cepat sehingga iklan lebih mudah muncul.

Saya sangat senang saat itu karena berkat Template ini, saya bisa mengumpulkan saldo adsense hingga melewati ambang pembayaran untuk dicairkan dalam 2 bulan sejumlah 1,3jt dan dijumlah saldo dari bulan-bulan sebelumnya (200rb). Sehingga saya mendapatkan gajian pertama saya dalam bulan April 2018 sejumlah 1,5 jt. Angka yang sangat besar menurut saya sebagai seorang pelajar.


Konsisten


Semakin hari saya semakin belajar SEO dan membuat konten semakin banyak secara konsisten. Alhamdulillah bulan berikutnya saya gajian lagi, begitupun dengan bulan selanjutnya hingga saat ini. Saya sangat bersyukur karena bulan-bulan setelahnya bisa gajian dari google adsense setiap bulan.



Saya tak bermaksud pamer atau apalah karena sebenarnya screenshot ini bisa memotivasi kalian dalam mengurus blog. Saya dulu saat awal ngeblog juga gitu, sering banget melihat Screenshot earning para mastah, tapi saya ambil positifnya buat memotivasi diri. Dan hasilnya sangat bagus ternyata. Bisa bikin semangat nulis artikel. Kalau dia bisa seperti itu, mengapa saya tidak? Itu yang harus kamu tanamkan.


Tips Ngeblog 

Saran saya dalam ngurus blog adalah :

1. Riset keyword dan Terapkan keyword pada setiap paragraf di artikel, judul, dan permalink
2. Bikin konten yang unik, ORIGINAL, dan banyak dicari orang. Saya tekankan untuk bikin artikel original tanpa hasil copas and dari orang lain. Tapi tulis ulang dengan bahasa sendiri namun pertimbangkan untuk menulis artikel dengan informasi paling lengkap ketimbang artikel lainnya. Ini penting karena google sekarang punya nilai lebih dalam perangkingan dengan melihat kelengkapan isi konten
3. Jangan fokus pada uang. Orientasikan pada hobi berbagi artikel. Ini karena pasti di tengah perjalanan ada titik jenuh ngeblog. Lebih jenuh lagi ketika adsense gak diterima. Jadi kalau kamu berorientasi pada uang tentu saat titik ini kamu akan berhenti ngeblog.
4. Belajar SEO meskipun gak terlalu mendalam dan terapkan pada artikel dan blog kamu
5. Konsisten dan jangan putus asa dalam membuat konten yang berkualitas

Jika kalian lakukan tips di atas dengan tekun, Insha Allah kalian bisa gajian tiap bulan bahkan melebihi pengahasilan saya.

Tetap semangat!


Berlangganan update artikel terbaru via email:

18 Responses to "Pengalaman Ngeblog dari Nol hingga Menghasilkan"

  1. Kisah yang sangat memotivasi mas., saya jadi ingin punya blog juga.,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin saja mas, hasilnya lumayan buat nambah uang jajan

      Delete
  2. Mantap gan, pengen ikutin juga tips nya.
    Salam blogger

    ReplyDelete
  3. The best !! Terus berkarya om .... btw kita pelnggan niaga hister juga ternyata wkwk...
    Oh ya lumajang mana nih

    ReplyDelete
  4. Lagi ngekos di Lumajang kota om. Aslinya dari Jatiroto, perbatasan Lumajang-Jember

    ReplyDelete
  5. bagus dan sangat bermanfaat tipsnya,gan

    ReplyDelete
  6. Jujur aku terharu dan salut sama kmu nak.. Akan aku contoh sikap tegar mu itu..

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel