Ingin Beli HP ? Simak 20 Tips Beli Smartphone yang Berkualitas Berikut

Ingin Beli HP ? Simak 18 tips beli smartphone yang Berkualitas - kapan beli hp baru ? Tentu jika HP kamu yang saat ini sudah menurun performanya baik baterai dan saat multitasking. Lalu, bagaimana tips memilih hp android yang berkualitas ? Kamu harus paham betul bagaimana cara memilih smartphone yang berkualitas agar tak bingung bingung mau beli hp apa dari sekian banyaknya pilihan.

HP yang sudah tak pantas dipakai tandanya daya baterai yang soak, atau cepat habis. Ngecas lama, habisnya cepat. Dalam kasus ini, memang hal itu wajar karena semakin lama penggunaan HP maka daya baterai juga makin aus. Maka dari itu, kamu harus beli HP baru agar tak ribet membawa powerbank kesana kemari. Namun, apa saja tips beli smartphone baru ?

tips beli smartphone

Selain itu, kamu juga wajib membeli hp baru ketika hp lama kamu sudah ngadat dan sudah tidak dapat diinstal dengan aplikasi apapun. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli hpbaru tersebut. Sebelum membeli hp baru sebaiknya pahami betul cara memilih hp yang berkualitas
agar kamu tidak bingung mau beli HP apa. Apa saja tips beli hp baru ? Berikut TumesKecil bagikan tipsnya


Merek atau Brand


tips memilih hp android yang berkualitas
image : trak.in


Cara memilih hp yang bagus saat membeli hp yang pertama adalah melihat brand atau merk hp yang akan kamu beli. Sebaiknya belilah hp dengan tipe atau merek yang terkenal dan original. Contohnya Apple. Sedangkan hp android yang bagus merk apa ? Tentu yang banyak dikenal orang Samsung, oppo, xiaomi, vivo, Lenovo, Asus, Sony, LG, HTC, 1+, dan Huawei

Sebenarnya brand ataupun merek tidak menentukan kualitas dari hp yang akan dibeli. Namun, merek tersebut memiliki reputasi atau gengsi yang lebih. Mulai dari garansi, service senter dan suku cadang yang sangat baik. Jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk mencari gerai yang dapat memperbaiki hpmu.


Sesuaikan Budget


Harga adalah salah satu hal yang juga tak kalah penting, sesuaikan apa yang ingin kamu beli dengan budget  yang kamu miliki. Jangan mencari hp-hp yang melebihi budget kamu jika memang gak akan kebeli. Daripada membuang-buang waktu untuk mencari HP yang tak mampu dibeli, mending cari HP yang sesuai dengan budget. Namun jika kamu ingin menambah budget ya silakan.

Jika kamu ingin HP dengan spesifikasi yang bagus namun budget kamu tak cukup, maka HP bekas bisa menjadi pilihan. Tapi, berhati-hati jika membeli HP bekas. Pahami kondisi HP bekas agar tak kecolongan saat kamu sudah membelinya. Maka dari itu, pahami tips membeli hp bekas dengan benar.


Bandingkan dengan Produk Lain yang Punya Harga yang Sama



Budget sudah kamu pegang. Tinggal pilihan yang ada di tangan kamu, namun kamu bingung memilih HP yang mana karena banyak sekali HP dengan harga yang sama atau spesifikasi yang sama sehingga membuat kamu bingung memilih yang merk A atau B.

Tips beli smartphone kali ini adalah membuat perbandingan spesifikasi HP-HP tersebut lalu ditulis di kertas, atau bisa menggunakan aplikasi di Hp, atau bisa juga menggunakan Ms.Word atau Excel untuk membuat perbandingan HP mulai dari spesifikasi hingga harga. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi situs komparasi, smartprix.com contohnya.

cara memilih smartphone yang berkualitas

Masih bingung? Kamu bisa tanya ke teman atau ke komunitas smartphone di Facebook, atau kamu juga bisa browsing di google atau streaming YouTube untuk lebih mengetahui perbandingan HP mana yang lebih baik dengan harga yang sama tersebut. Kamu bisa cari dengan kata kunci "nama smartphone 1 vs nama smartphone 2"

Mengetahui HP mana yang lebih bagus dengan harga yang sama adalah hal yang harus diperhatikan saat membeli hp agar kamu mendapatkan HP yang lebih baik meskipun dengan harga yang sama. Ini adalah salah satu cara memilih smartphone yang berkualitas.


Lihat dan Cari Review HP yang Kamu Incar


Tips membeli hp baru selanjutnya adalah mencari review hp yang kamu incar. Setelah mempertimbangkan segala hal, sekarang waktunya mencari pengalaman pengguna HP tersebut. Jika banyak review bagus dari penggunaan HP tersebut maka ini akan lebih meyakinkan kamu untuk membeli HP tersebut. Namun, jika tidak? Malah sebaliknya.

Kamu bisa mencari review dari berbagai sumber seperti dari berbagai situs, review di Youtube, dan komunitas-komunitas di sosial media khususnya grup Facebook.

cara memilih hp android murah berkualitas


Beli di Gerai Terpercaya



Sudah mempertimbangkan segala hal dan kamu membeli HP di tempat gak resmi? Toko gak resmi yang online misalnya. Hati-hati jika beli di toko tersebut karena berisiko terkena penipuan. Kamu gak mau kan nanti menyesal kena tipu dan uang melayang?

Tips beli smartphone online dari kami adalah di toko resmi. Pastikan toko online memiliki reputasi baik. Namun, jika ragu membeli di toko online, belilah di Official Storenya karena pasti terjamin barang resmi dan sampai ke tujuan. Lalu jika terjadi sesuatu juga mudah untuk refund.

Biasanya Official Store di suatu Online shop ditandai dengan Mall. Kalau di Lazada namanya Lazmall, Bukapalak BukaMall, Shopee ShopeMall. Kalau JD ID memang semuanya dari  Official Store karena terjamin orisinalitasnya.

tips membeli smartphone baru

Perbedaan membeli offline dan online  adalah jika online, barang tak dapat dipastikan aman. Biasanya kardus akan penyok karena tertindih barang lainnya. Namun jika Offline, kita dapat dengan leluasa mengecek barang secara langsung dan berkonsultasi dengan pelapak.


Hati-hati dengan Barang Blusukan


Barang yang berasal dari luar negri biasanya mengalami kendala saat digunakan di dalam negeri, salah satu contohnya adalah susahnya menangkap jaringan internet saat menggunakan data seluler.

Jadi, ponselmu tidak dapat menangkap frekuensi dari sinyal internet yang ada. Akibatnya, kamu tak bisa mengakses internet dengan data seluler. Cukup mengerikan bukan?


Jangan Sampai Dapat Produk KW


HP yang bagus seperti Samsung S9 tidak menutup kemungkinan ada produsen nakal yang membuat replikanya. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui tips membeli hp baru agar tidak tertipu. Berikut cara mengecek hp  palsu atau tidak.

Jika kamu membeli di toko resmi jelas barang yang kamu dapatkan resmi dari pabriknya. Jika kamu membeli di toko online, maka kamu harus cek dahulu apa barang tersebut KW atau tidak. Ceknya bisa di https://sertifikasi.postel.go.id/sertifikat?isberlaku=1 dan masukkan nomor postel hp, bentuknya xxxxx/SDPPI/tahun , contoh : 48777/SDPPI/2018

cara memilih hp yang bagus


Perhatikan hasil yang muncul, nama customer akan berisi brand PT perangkat kamu. Contohnya PT Lenovo Indonesia , PT Samsung Electronic Indonesia , atau distributor resminya, misalnya PT Erajaya. Lalu perhatikan juga kolom merek dan model, modelnya harus sesuai dengan tipe smartphone yang ada di kemasan.

Jika tidak sama, maka dipastikan HP tersebut adalah HP Black Market yang numpang nomer postel HP lainnya. Jika tidak ada nomer postel, dipastikan juga HP tersebut adalah HP Black Market.


Bandingkan Harga


HP sudah fix, sekarang tinggal membeli HP yang kamu incar. Tips beli smartphone kali ini tujuannya untuk penghematan :v, jika membeli di online store maka cari HP di berbagai online store, jangan hanya terfokus pada 1 online store saja. Bandingkan harganya dan pilih harga paling murah.

tips membeli hp 2018

Jika beli di konter, maka mau tak mau kamu harus bertanya ke setiap konter HP berapa harga HP yang kamu incar tersebut. Jangan lupa catat harganya. Belilah pada konter yang memiliki harga HP paling murah.

Sebenarnya gak ada alasan khusus sih, namun jika kamu ingin berhemat mengapa tidak?



Melihat dari Spesifikasi


Di atas kami sudah memparkan cara memilih smartphone yang berkualitas saat akan membeli smartphone.Mengenai spesifikasi bagaimana yang kami sarankan untuk sebuah smartphone, berikut paparannya :


Pilih OS yang Up-to-Date


hal yang harus diperhatikan saat membeli hp
Memilih OS yang tepat sangat penting, sebab saat ini OS menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Saat ini, sistem operasi android mendominasi pasar penjualan handphone. Meskipun begitu, sistem operasi iOS yang dimiliki oleh iphone bisa menjadi salah satu pertimbangan yang dapat kamu pilih. Namun, WIndows Phone sekarang sudah jarang diminati.

Dari beberapa pengalaman pengguna smartphone, iOS lebih optimal memanfaatkan tenaga hardware ketimbang Android. Jadi ia lebih ringan dan powerful. Sesuaikan kebutuhan OS kamu dengan kebutuhan harianmu.

Sistem operasi android saat ini juga sudah memiliki banyak tingkat yang bermacam-macam. Setiap waktu slalu keluar seri OS terbaru yang dapat kamu pilih. Kalau OS yang kamu miliki hanya itu-itu saja, bisa jadi hpmu akan tertinggal dan beberapa aplikasi juga tidak dapat diinstal dengan baik. Mungkin bisa diinstal namun tidak dapat diperbaharui dengan aplikasi yang terbaru.

Belilah smartphone Android yang sudah memiliki OS terbaru. Saat ini (Nov 2018) OS android Android P atau Pie adalah sitem operasi Android yang terbaru dan mendukung apliaksi playstore terbaru pula. Minimal belilah smartphone android dengan sistem operasi Marshmellow agar bisa upgrade ke sistem android di atasnya, yakni Nougat, Oreo, dan Pie.

Selain itu, beberapa brand sudah menggunakan UI modifikasi, bukan pure Android. Xiaomi contohnya yang menggunakan UI bernama MIUI, Samsung dengan TouchWiz nya, Oppo dengan ColorOS nya. Meskipun ada juga tipe HP yang memakai pure android.

Setiap UI jelas berbeda baik dari segi tampilan dan sistemnya, begitu juga dengan fiturnya. Contohnya Touchwiz punya AOD, MIUI punya Second Space, dsb. Kalau dijelaskan fitur-fitur masing-masing UI bisa gak kelas artikel ini :v.


Chipset dan Processor 


Tips membeli hp baru melihat dari spesifikasi yang pertama adalah memperhatikan Chipset yang ada di dalam hp tersebut. Mungkin banyak yang salah kaprah dengan dua istilah ini. Chipset (SoC) adalah chip silikon yang terdiri dari komponen-komponen prosesor, pengolah grafis (GPU), memori, USB controller, pengontrol manajemen daya dan pengontrol konektivitas jaringan.

ingin beli hp Sedikit tips untukmu, hp yang dibekali dengan chipset qualcomm memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan hape yang menggunakan chipset mediatek, exynos dsb. Kenapa? Karena berdasarkan pengalaman banyak orang sih chipset ini paling  kenceng, adem, dan lebih hemat daya. Namun, saat ini banyak smartphone yang menggunakan chipset qualcomm tetapi dengan harga yang murah.

Smartphone yang murah tersebut biasanya menggunakan pula chipset snapdragon yang murah dan terjangkau. Biasanya chipset yang digunakan adalah Snapdragon 450. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli hp yang tertanam chipset ini. Memang hp yang tertanam chipset tersebut memiliki harga yang sangat murah dan terkenal untuk semua smartphone. Selain itu, Snapdragon 625, 636, dan 660 juga punya harga mid-end sekaligus spesifikasi yang gahar.

Jadi, mengecek dan memahami  spesifikasi chipset 'calon' HP kamu sangat penting mengingat chipset adalah hal yang sangat krusial pada smartphone. Dia yang mengatur hampir seluruh aktivitas smartphone layaknya sebuah otak dalam tubuh manusia. Poin ini sangat penting bagi kamu yang sedang mencari tips memilih smartphone untuk gaming

Berikut tips memilih chipset hp :


  • Pilih chipset Snapdragon, Nvidia, Apple A, Exynos, Intel, atau Mediatek karena brand di atas sudah terkenal
  • Semakin tinggi seri suatu chipset maka semakin bagus spesifikasinya. Contoh pada Snapdragon ada series 200, 400, dan varian tertinggi 800
  • Arsitektur prosesor yang baru, seperti ARMv8, Cortex A53, Cortex A57, dll
  • Clockspeed tinggi, minim 1,5 GHz
  • Pilih fabrikasi yang kecil karena semakin kecil fabrikasi semakin hemat daya, potensi kecil overheat, dan performa lebih bagus. Di pasaran, chipset ada yang memiliki fabrikasi 90nm, 65nm, 45nm, 40nm, dan 28nm, 14nm, 10nm.
  • Pilih chipset dengan core(inti) paling banyak. Ada yang dual core (2), quad core (4), hexa core (8), octa core (8), deca core (10). Tapi ada juga prosesor quad-core core yang dapat mengalahkan performa octa core, karena memang tergantung arsitektur pula.


GPU 


Tips beli smartphone selanjutnya adalah melihat dari GPU (Graphics Processing Unit). Bagi yang belum tau, GPU pada HP berfungsi untuk mengolah pemrosesan grafis. 

GPU sangat penting bagi kamu yang suka gaming karena gaming sangat erat kaitannya dengan pengolahan grafis. Namun, jika kamu gak suka gaming, tak perlu berpikir lebih untuk memilih-milih GPU yang digunakan pada suatu HP.

tips membeli hp android agar tidak kecewa
image : news.softpedia.com


Tips memilih GPU HP yang berkualitas :
  • Sebenarnya memilih GPU sama halnya dengan memilih Chipset. Semakin bagus Chipset umumnya semakin bagus juga GPU.
  • Pilih GPU dengan spesifikasi yang sesuai dengan budget kamu. Beberapa macam GPU antara lain Adreno (Snapdragon), Mali (Exynos, MTK), Tegra, PowerVR (Apple) , dan VideoCore Broadcome.
  • Pilih varian tertinggi dari beberapa GPU di atas. Contohnya saat ini ada Adreno 530, PowerVR GT7600, Mali T880MP12, dsb.
  • Clockspeed GPU minimal 500 MHz
  • Pilih jumlah core GPU yang paling banyak. Contoh pada Mali saja, jumlah core ada pada angka setelah MP, T880MP12 berarti corenya ada 12.


RAM


Tips beli hp baru yang selanjutnya  adalah dengan memperhatikan kapasitas RAM. Sudah banyak yang mengetahui kalau semakin besar RAM HP maka performa multitasking suatu smartphone semakin wus wus. Saat ini, smartphone banyak dibekali dengan RAM berkapasitas 2 GB. Jika RAM di bawah tersebut, rata-rata HP sudah ngos-ngosan jika menjalankan berbagai macam aplikasi dalam satu waktu.
tips memilih smartphone untuk gaming
image : www.slashgear.com

Maka dari itu, kami sarankan untuk membeli HP dengan kapasitas RAM 3 GB saja. Karena untuk saat ini, RAM 2 GB saja menurut kami kurang dalam hal multitasking. Sering sekali ditemukan lagging. Jadi jangan sampai salah beli HP dengan RAM kecil ya. Lebih baik kamu nambah budget sedikit untuk membeli HP dengan RAM lebih gede ketimbang menyesal setelah beli HP dengan RAM kecil.

Tips memilih RAM hp :
  • Kapasitas RAM minimal 2 GB, saran kami 3 GB
  • Pilih jenis RAM yang terbaru. Ada yang LPDDR2, LPDDR3, LPDDR4. Semakin besar semakin bagus.
  • Pilih RAM dengan frekuensi yang lebih tinggi (satuan MHz)


Slot


Beberapa bulan belakangan HP masih menggunakan slot Hybrid. Apa itu slot Hybrid? Jadi, slot Hybrid adalah slot yang hanya menyediakan Dual SIM atau 1 SIM + MicroSD. Menurut kami, tentu ini agak membingungkan. Di satu sisi membutuhkan 2 SIM, di sisi lain juga membutuhkan MicroSD untuk kebutuhan penyimpanan data.

Kalau penyimpanan internal gede ya aman-aman aja. Tapi bagaimana dengan penyimpanan internal yang dirasa kurang? Apalagi bagi kamu yang demen capture setiap momen yang pasti butuh storage gede untuk menyimpan foto dan video.

cara memilih hp android yang bagus untuk game
image : thetechhacker.com
Untuk mengatasi kebingungan tersebut, maka akhir-akhir ini banyak hp keluaran terbaru yang sudah mengadopsi dedicated slot. Ia bisa memasang 2 SIM dan 1 MicroSD. Tentu hal ini sangat menguntungkan.

Jadi, tips beli smartphone baru di poin ini adalah dengan memilih HP dengan dedicated slot agar kebutuhan storage tambahan dan SIM terpenuhi. Hal kecil ini sering sekali dilupakan, padahal kalau beli HP dengan dedicated slot jelas sangat menguntungkan. Jadi jelas hp menggunakan slot apa adalah hal yang harus diperhatikan saat membeli hp .


Memori Internal

Memori juga sangat penting untuk dipertimbangkan, saat ini ada banyak sekali hp yang memiliki memori internal dan tidak bisa ditambahi memori tambahan karena menggunakan Hybrid slot. Namun, jika menggunakan dedicated slot maka tak perlu memikirkan memori internal karena dengan dedicated slot kamu bisa memasang MicroSD

Memori internal saat ini ada banyak sekali jenis kapasitasnya, ada yang memiliki memori internal  16 GB, 32 GB sampai dengan yang  512 GB. Pilihlah memori dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Tips beli smartphone dari kami memilih smartphone yang memori internalnya minimal 32 GB. Mengapa? Karena saat ini aplikasi-aplikasi sudah banyak sekali yang memiliki ukuran sangat besar. Seringkali aplikasi juga tak bisa dipindahkan ke external memory/microSD. Maka dari itu, solusinya adalah membeli smartphone dengan internal storage minimal 32 GB. kebih besar lebih baik.


Tentang Kamera 


Tips beli smartphone selanjutnya, kamu harus memperhatikan kamera. Kamera adalah salah satu hal yang paling penting bagi sebagian yang suka mendedikasikan hidupnya untuk berswafoto. Kamera menjadi salah satu hal yang sangat penting, sebab kamera ini menjadi salah satu senjata andalan yang harus kamu miliki dalam berdaring. Saat ini banyak orang yang narsis dan menyukai aktivitas berofoto.

cara memilih smartphone dengan kamera terbaik

Berbagai macam kegiatan atau fenomena saat ini, perlu diabadikan dengan kamera dan berabagai macam angle. Semakin besar resolusi kamera tersebut maka akan semakin bagus pula hasil kamera yang akan dihasilkan tersebut. Kamu bisa mengatur berbagai macam pengaturan di dalam hp tersebut untuk mendapatkan gambar yang sangat bagus.

Lalu, bagaimana cara mengetahui bagusnya kamera? Ada beberapa cara memilih smartphone dengan kamera terbaik , antara lain dengan melihat :

Sensor kamera

Sensor kamera memegang peranan utama dalam menentukan kualitas suatu gambar. Banyak sekali sensor kamera tapi ada yang terbaik. Salah satunya adalah s sensor Isight garapan Apple yang meskipun punya megapiksel imut tapi kualitas setara kamera dengan megapiksel besar.

Selain itu ada juga sensor Sony IMX yang umumnya dijejalkan pada smartphone high-end. Hasilnya tentu sangat baik ketimbang lainnya. Sony IMX ada beberapa serinya, ada yang 2XX dan 3XX

Aperture

Aperture lensa kamera, atau bisa juga disebut bukaan lensa. Ia berperan dalam penangkapan cahaya. Semakin lebar aperture, maka semakin terang foto saat minim cahaya. Contoh aperture pada Samsung W280 dituliskan f/1.5 .

Semakin kecil aperture, maka semakin besar bukaan lensa yang berarti cahaya semakin banyak masuk ke sensor alhasil foto tampak lebih terang. Jadi, pilihlah kamera dengan aperture paling kecil untuk foto lebih jelas saat minim cahaya.

Megapixel

Banyak orang awam yang memfokuskan kualitas kamera hanya dengan ukuran megapiksel saja. Padahal, kualitas kamera tidak hanya bisa dilihat dari ukuran megapiksel. Semakin besar ukuran megapiksel menandakan jika foto di zoom semakin jelas/tidak blur.

Namun, sebenarnya foto dengan kamera 12MP saja sudah cukup. HP dengan Megapiksel kecil bisa mengalahkan HP dengan megapiksel besar contohnya saja Apple. Mengapa? Karena sensor kamera yang ia gunakan lebih bagus.

Stabilisator

Jika kamu suka merekam dengan HP, maka pastikan juga kamera menggunakan OIS atau EIS. Jadi, ia bertindak sebagai stabilisator saat merekam. Hasilnya, video rekaman lebih bagus karena minim goncangan dan blur.

Untuk OIS dan EIS lebih baik OIS karena OIS unggul dalam tidak adanya degradasi gambar yang terjadi saat mengambil foto atau video. OIS juga memiliki keunggulan pada pengambilan minim cahaya.

Fitur kamera

Pada sebagian smartphone, ada fitur kamera yang mirip dengan DSLR. Kamu dapat mengatur dengan bebas  ISO, Shutter speed, aperture, WB, Exposure, Metering, Fokus yang manual, dan bahkan ada juga yang mendukung RAW. Jika kamu suka dengan fitur tersebut, maka lebih baik cek dahulu apa HP incaran kamu ada fitur ini?

Recording

Beralih ke perekaman video. Kamera yang bagus untuk merekam video adalah minimal beresolusi 1080p atau Full HD. Lebih-lebih jika menggunakan resolusi 4K atau 2160p. Cek juga framerate karena semakin tinggi semakin banyak frame yang dihasilkan alhasil video semakin baik. Framerate yang bagus minimal 60fps. Perhatikan juga apa ada fitur tambahan seperti slow motion, time lapse, atau yang lainnya.

Fitur lainnya

Fitur lainnya seperti Flash. Untuk wanita yang gemar berswafoto, lebih baik memilih kamera yang punya flash pada kamera selfienya. Jadi, fitur tambahan ini sesuaikan kebutuhan kamu.


Kapasitas Baterai 


Semakin besar kapasitas baterai HP jelas akan memberikan daya tahan yang lebih lama ketika kamu menggunakan HP. Sebenarnya, lama tidaknya daya baterai HP juga berasal dari Chipset yang kamu gunakan. Ada chipset yang sifatnya menghemat baterai tapi dengan performa biasa, tapi ada juga chipset yang kenceng namun boros baterai. Tapi, ada juga chipset yang hemat baterai dan juga kenceng, Snapdragon 845 contohnya :).

Tips beli smartphone dari kami, pilihlah catu daya dengan kapasitas besar. 4000 mAh sudah cukup besar untuk menemani aktivitas kesaharian kamu. Lalu, kombinasikan dengan chipset yang kenceng dan hemat baterai.

Namun, jika kamu punya budget yang kurang, lebih baik memilih HP dengan kapasitas baterai yang gede saja sudah cukup karena biasanya chipset yang mahal golongan Snapdragon 800 punya harga yang relatif mahal pula.

Baterai dengan teknologi Lipo, karena ia  memberikan ketahanan lebih lama dan juga jarang terjadi kasus kembung dan soak.


Selain itu, cari baterai yang sudah support quick charge agar saat pengecasan daya HP tidak membutuhkan waktu lama dan lebih optimal. Contoh teknologi quick charge adalah pada Qualcomm Quick Charge 4.0. Tentu jika support quick charge, charger harus support quick charge pula.

Jika ingin lebih keren lagi, cari HP dengan baterai yang support wireless charging. Tentu mengecas baterai lewat wireless charging akan lebih mudah karena tanpa kabel dan tentunya lebih keren. Namun, perlu dicatat kalau pengisian daya baterai dengan wireless charging kurang efisien karena membutuhkan waktu yang relatif lama daripada dengan kabel.


Desain dan Bahan Body


Untuk kamu yang tak terlalu memperhatikan desain HP dan mengutamakan jeroan mungkin desain dan bahan body Hp tidak terlalu penting. Namun, berbeda lagi dengan kamu yang mengutamakan desain HP agar makin pede menenteng smartphone.

cara memilih smartphone sesuai kebutuhan

Jika kamu termasuk orang seperti itu, maka jangan lupa juga bagaimana desain HP. Terbuat dari apa body HP. Body yang terbuat dari kaca atau metal lebih stylish daripada yang terbuat dari plastik. Selain itu, material plastik lebih mudah tergores ketimbang kaca dan metal.

Lebih lagi, body menggunakan kaca pelindung gorilla glass. Pasti body makin tahan banting dan goresan. Namun jika tidak, kamu bisa mengurangi risiko goresan dengan menggunakan case.


Spesifikasi Layar?


Layar juga merupakan hal utama yang harus diperhatikan, makin kesini ukuran layar ponsel menjadi makin besar dan makin fungsional. Namun tidak semua orang menyukai ukuran layar yang besar seperti itu, ukuran layar 5 inchi kadangkala sudah cukup untuk sebagian besar orang. Namun semua itu tergantung kamu, ingin memilih layar ukuran berapa.

Layar selain lebarnya, kamu harus melihat mengenai sepsifikasi yang ada di dalamnya, layar yang sudah Amoled memiliki ketajaman yang lebih serta lebih nyaman digunakan dalam keadaan apapun. Ketika silau bisa menyesuaikan begitu pula ketika gelap. Kamu juga harus memperhatikan komponen layar tersebut, apakah gorilla glass atau tidak.

cara memilih hp yang berkualitas
image : Gizmag.com
Layar gorilla glass memiliki ketebalan yang luar biasa dan tidak mudah tergores atau pecah. Layar yang satu ini merupakan rekomendasi yang tepat untuk kamu yang sering ceroboh dan seringkali menjatuhkan HP mu. Namun kamu harus membekali layar hp mu tersebut dengan anti gores agar lebih aman dan selamat.

Selain di atas, nampaknya HP mulai tahun 2018 ini, banyak HP sudah menggunakan notch. Tidak hanya HP flagship, tapi HP 2 jutaan saja sudah membawa layar berponi ini. HP ber-notch juga tak kalah penting jika kamu mementingkan gengsi. Pasalnya, HP dengan layar ber-notch akan memberikan kesan HP mahal.

Tips memilih layar Hp :
  • Pilih layar terbaik seperti Super AMOLED,  IPS, AMOLED, OLED, IPS LCD, TFT, TFT LCD, dan LCD
  • Layar memiliki kerapatan pixel (satuan ppi - pixel per inch) yang cukup. Minimal 300 ppi saja karena kerapatan ini merupakan kerapatan maksimal yang dapat dilihat oleh mata. Jika makin besar kerapatan layar, maka gambar akan lebih jelas, padat, dan halus. Jadi kami sarankan minimal 300ppi saja.
  • Resolusi yang tinggi, minimal 1280x720.  Lebih-lebih menggunakan layar 2K atau 4K.
  • Terlindungi pelindung gorilla glass, dragontail, Concore, Oleophobic coating, dsb.

Jaringan Internet

Tips beli smartphone selanjutnya adalah pilihlah smartphone yang memiliki jaringan 4G atau LTE. Mengapa? Karena saat ini kebutuhan internet sangat berdampingan dengan kehidupan kita, sehingga semakin cepat internet semakin mudah kita mengakses internet untuk mencari informasi. Pilih juga smartphone yang support VolTE, artinya ia bisa melakukan panggilan lewat LTE.

Ada penggolongan lanjut mengenai jenis dan kategori jaringan 4G. Jenis jaringan 4G berdasarkan frekuensinya ada 4G LTE FDD, TDD, dan LTE Advanced.

Sedangkan penggolongan kategori disingkat cat (*category) yang memiliki kecepatan yang berbeda-beda pula. Semakin tinggi angka di belakang Cat, maka semakin cepat koneksi 4G. Contohnya LTE Cat16 yang mampu mendownload hingga 979Mbps. Jadi, pilih dengan jenis Cat paling besar ya.

tips memilih hp android yang berkualitas
image : www.Cablefree.net


Pesan kami, jangan mudah tergiur harga murah HP dari luar negeri. Mengapa? Karena bisa saja HP tersebut menangkap frekuensi jaringan internet yang berbeda dengan yang ada di Indonesia. Alhasil bisa jadi kamu gak bisa internetan dengan data seluler. Beda halnya dengan HP resmi yang jelas support frekuensi jaringan internet di Indonesia. Contoh HP resmi biasanya


Fitur Tambahan

Tips beli hp baru yang terakhir adalah dengan melihat fitur-fitur yang ada pada smartphone. Seperti contohnya fitur fingerprint/sidik jari yang memberikan kesan HP lebih canggih. Selain itu, ada juga tren baru juga yang sebenarnya ini tersematkan di HP flagship, namun sudah hadir di HP mid-end, yakni fitur Face Unlock. Sama seperti fingerprint, fitur ini dapat membuka kunci HP, namun bedanya jika fingerprint menggunakan sidik jari, ia menggunakan wajah kamu.

tips membeli hp baru

Selain itu, fitur waterproof dengan sertifikat IP67 atau IP68 juga bisa menjadi nilai plus suatu HP. HP yang memiliki sertifikat tersebut sangat cocok bagi kamu yang suka main HP sekaligus beraktivitas di air, baik berenang atau mandi.

Apa lagi fitur lainnya? Masih banyak sebenarnya fitur yang di beberapa smartphone tak hadir seperti gyroscope, accelerometer, proximity, ambient light, compass, NFC, dan masih banyak lagi. Pilih yang sesuai kebutuhan kamu.

Akhir Kata


Sebagai akhir kata, tips membeli smartphone baru yang paling penting adalah pilihlah smartphone yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu butuh smartphone untuk menunjang kegiatan gaming dan multitasking, maka pilih HP yang mengutamakan chipset, RAM, dan storage. HP-HP Xiaomi contohnya, khususnya Pocophone F1.

Namun beda jika kamu membeli HP untuk kebutuhan sosial media dan berdaring online. Kamu hanya perlu memfokuskan pada kualitas kamera dan design yang kece. HP-HP Samsung, Oppo, dan Vivo contohnya.

Kenapa kami bilang begitu? Karena smartphone kelas mid-end kebanyakan hanya memfokuskan pada 1 tujuan, antara jeroan atau desain atau kamera. Beda lagi kalau bicara HP kelas atas/flagship.

Namun sebarnya akhir-akhir ini ada kok smartphone dengan jeroan gahar, kamera jernih, desain yang keren banget. Realme S2 Pro contohnya.

Sekarang pilihan tergantung padamu. Semoga pilihanmu benar ya!

Terima kasih telah mebaca artikel kami cara memilih smartphone yang berkualitas saat mebeli smartphone. Bagikan artikel ini di sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah.

Dicari juga : tips memilih hp android yang berkualitas cara memilih hp android murah berkualitas tips membeli smartphone baru cara memilih hp yang bagus tips membeli hp 2018 hal yang harus diperhatikan saat membeli hp ingin beli hp kapan beli hp baru tips membeli hp android agar tidak kecewa bingung mau beli hp apa 2018 smartphone yg berkualitas

Berlangganan update artikel terbaru via email:

11 Responses to "Ingin Beli HP ? Simak 20 Tips Beli Smartphone yang Berkualitas Berikut"

  1. Sesuai budget gw paling Arief dengan cara itu, hehehe.. karena jgn sampai pas beli duitnya kurang..

    ReplyDelete
  2. Ane mah samsung aja lah gan meskipun mahal tapi awet kok udah gtu terkesan mewah dan mahal ....

    ReplyDelete
  3. oppo gan dari segi spek dan kamera bgus

    ReplyDelete
  4. Thanks saran2nya
    Klo sy lebih condong ke spec hp + hrga..

    ReplyDelete
  5. ane sudah terapin beberapa ni waktu beli HP duluu...
    mantapp

    ReplyDelete
  6. Giliran nya untuk panduan membeli hp second dong mas :D

    ReplyDelete
  7. Sudah ada kok mas. Silakan cek di

    https://www.tumeskecil.com/2018/06/tips-beli-hp-bekas.html

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel