Cara Mengetahui Jenis ARM (Arsitektur Kernel ) CPU Semua Android

Apa itu Akrsitektur ARM Android? Arsitektur ARM (arsitektur kernel) di android adalah struktur kernel CPU (Central Processing Unit) yang berjalan pada sebuah ponsel yang menggunakan basis OS Android. Sederhananya, ini adalah kernel arsitektur adalah jenis processing Android.

Pada dasarnya, kernel arsitektur pada Android ada 3 jenis, yaitu ARM/ARM32, ARM64 dan x86. Yang membedakan ketiga jenis kernel arsitektur tersebut adalah konsumsi yang digunakan. ARM/ARM32 menggunakan daya sebesar 5 watt, ARM64 menggunakan 6 watt hingga 30 watt dan x86 menggunakan daya sekitar 130 watt.

Perbedaan lainnya adalah pada sistem operasi dan aplikasi yang dapat berjalan. ARM/ARM32 hanya bisa menjalankan aplikasi 32-bit saja. Sedangkan ARM64 dan x86 sudah bisa menjalankan  2 aplikasi, yaitu 32-bit dan 64-bit.

Android adalah OS yang sifatnya open source sehingga semua orang dapat dengan mudah memodifikasinya. Jika kalian ingin memodifikasi sistem operasi Android, maka harus mengidentifikasi jenis arsitektur ARM dahulu karena ada beberapa file yang harus sesuai dengan jenis Processor yang digunakan.

Cara Mengetahui Jenis ARM (Arsitektur Kernel ) CPU Semua Android


Salah satu contoh saat kamu harus mengetahui jenis ARM adalah ketika kamu ingin menginstal aplikasi Xposed Framework Installer. Kenapa? Sebab setiap jenis Android baik itu Lollipop 5.0, Marshmellow 6.0, Nougat 7.0, Oreo 8.0, dan Pie 9.0 memiliki versi-versi yang berbeda untuk file Xposed Framework Installer yang digunakan didasarkan pada jenis ARM yang dipakai. Sehingga oopreker bisa mendownload  file  yang  benar untuk instal file tersebut. Jadi intinya mengetahui jenis ARM ini sangat penting sebelum oprek-oprek.

Cara Melihat Jenis ARM di Android

Sebenarnya cara melihat jenis ARM Android sangat mudah. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi yang bernama CPU-Z yang tersedia gratis di PlayStore.

Sebagai informasi tambahan, CPU-Z adalah aplikasi yang dapat melihat spesifikasi smartphone kamu secara keseluruhan. Mulai dari kecepatan HP, jumlah core, clock speed CPU, Model ponsel kamu, ukuran layar, kapasitas RAM, storage (kapasitas penyimpanan), versi android, baterai, sensor dan masih banyak lagi. Jadi sangat kami rekomendasikan untuk kamu yang lagi cari aplikasi yang memberitahu spesifikasi HP Android.

Cara melihat jenis ARM pad CPU Android :

1. Download dan install CPU-Z di link berikut [PlayStore] [APK] > buka aplikasinya

2. Untuk melihat arsitektur kernel, silakan pilih SYSTEM > Kernel Architecture

Cara melihat jenis ARM pad CPU Android


Seperti yang kamu lihat, di sana tidak dicantumkan jenis ARM langsung (apakah ARM/ARM32, ARM64, atau x86). Sebenarnya itu hanya nama lainnya saja. Berikut penjelasannya :

  • ARM/ARM32 : ARMv7 atau armeabi
  • ARM64 : AAr h64 atau ARM64
  • x86 : x86 atau x86abi

Akhir Kata

Terimakasih telah membaca artikel Cara Mengetahui Jenis ARM CPU Semua Android. Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat. Tambahkan komentar jika ada informasi yang kurang atau ingin bertanya

Berlangganan update artikel terbaru TumesKecil via email:

0 Response to "Cara Mengetahui Jenis ARM (Arsitektur Kernel ) CPU Semua Android"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel