3 Cara Print Lewat HP Android via Wifi Menggunakan Printer Wireless - TumesKecil

3 Cara Print Lewat HP Android via Wifi Menggunakan Printer Wireless

Cara Print Lewat HP Android dengan Wifi Menggunakan Printer Wireless - Saat ini, print sudah bisa langsng dari HP ke printer tanpa komputer/laptop. Bagaimana cara print teks dari hp ? Bagaimana cara print lewat wps office ? Sebenarnya cara print lewat hp tanpa kabel sangat mudah. Berikut TumesKecil bagikan cara print dari hp ke printer wifi langsung.

Jika kamu pengguna printer yang memiliki fitur wireless, tentu printer tersebut dapat mencetak hasil print tanpa disambungkan ke laptop atau istilahnya wireless. Jadi, kamu hanya menggunakan Hp saja sudah bisa mencetak dokumen. cara print lewat wifi

Namun, masih banyak sekali yang bingung bagaimana cara print lewat hp langsung di printer wireless via WiFi. Berikut 3 trik yang bisa kamu gunakan untuk cara ngeprint lewat hp via WiFi :

cara print lewat hp android via wifi


Catatan! : cara print lewat hp android via wifi yang kami bagikan menggunakan printer yang support WiFi. Jika printer kamu tidak support WiFi, trik berikut tidak bisa digunakan.

Jika printer kamu tidak support WiFi, maka gunakan trik pada artikel berikut :  cara ngeprint lewat  HP via OTG 

A. Melalui Aplikasi Printernya


Jika printer kamu bisa terhubung ke WiFi tapi tidak bisa online karena tak mendukung Google Cloud Print (di poin C), maka kamu bisa menggunakan aplikasi di PlayStore. Tentu setiap model berbeda aplikasinya. Jika kamu bingung, kamu bisa browsing lebih lanjut mengenai model printer kamu agar dapat melakukan print lewat hp android via wireless.


B. Melalui Aplikasi Printshare Mobile Print 


Jika masih bingung mengenai aplikasi khusus untuk printer kamu, maka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi bernama Printshare Mobile Print karena ia merupakan aplikasi print android terbaik . Aplikasi ini bisa langsung mendeteksi printer yang terhubung ke WiFi dari jaringan WiFi yang sama.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk printer yang tidak support WiFi (catatan : printer sebelumnya sudah disetting pada komputer utama). Tapi sekarang kami membahas untuk yang printer support WiFi.

Untuk cara print lewat wifi menggunakan printer yang tidak support WiFi bisa baca artikelnya di sini 

cara print lewat hp android via wifi menggunakan Printshare Mobile Print  :

1. Download aplikasi print share mobile print melalui link berikut (pilih 1 aja :v)

2. Buka aplikasinya > klik Continue

3. Klik Select > pilih Nearby WiFi > tunggu hingga aplikasi mendeteksi printer

4. Cara menghubungkan printer ke android dengan pilih printer > klik Yes > tunggu hingga proses pemasangan driver usai

5. Buka dokumen yang akan dicetak. Jika dokumen belum pernah diprint, maka android kamu akan otomatis mendownload aplikasi Library untuk melihat preview dokumen kamu.

6. Atur jenis kertas, margin, dll yang akan digunakan melalui opsi yang ada di kanan atas layar.

7. Klik Print untuk mencetak dokumen. Selesai.


C. Dengan Google Cloud Print


Perlu dicatat, tidak semua printer mengadopsi fitur Google cloud print. Jika printer kamu tidak ada dalam daftar cetak Google cloud, kamu harus mendaftarkan printer menggunakan browser chrome di komputer kamu. Bagi printer yang sudah siap google cloud print, maka daftarkan printer ke akun google kamu. cara print lewat hp tanpa kabel

Langkah-langkah menambahkan printer ke google cloud print :

1. Buka browser Chrome di komputer > klik Menu di pojok kanan atas > pilih Pengaturan (Settings)

2. Klik Masuk ke Chrome dan masukkan akun google/Gmail yang sama yang ada pada Android kamu. Jika sudah tidak perlu

3. Klik Tampilkan pengaturan lanjutan (Advanced)

cara print lewat wifi


4. Gulir ke bawah dan klik Google Cloud Print.

cara print lewat hp tanpa kabel


5. Klik Kelola (Manage Cloud print devices) > Tambahkan printer (Add printers)

6. Tambahkan printer kamu. Klik Tambahkan printer untuk konfirmasi

Sesudah menambahkan printer, sekarang tinggal ngeprint dokumen kamu. Cara ngeprint dokumen lewat HP Via WiFi dengan menggunakan google cloud print.

Sebelumnya, download dan install dahulu google cloud print di perangkat Android kamu dengan di link berikut. Jika tidak bisa melalui PlayStore, maka download google cloud print apk nya.
[PlayStore] [APK

Sebenarnya ngeprint dengan google cloud print ini tak perlu install aplikasi google cloud print lagi. Syaratnya android 4.4 (Kitkat) ke atas. Jadi cloud print sebenarnya sudah masuk ke sistem. Kamu bisa melihatnya di Pengaturan > Setelan tambahan > Pencetakan. Tidak ada? download dan instal aplikasi di atas.
Jika android kamu di bawah 4.4, jelas wajib menginstall aplikasi ini terlebih dahulu.

Cara print lewat hp android dengan wifi menggunakan Google Cloud print :
cara print wps office
1. Buka Google Cloud print. Android 4.4 ke atas lewat Pengaturan > Setelan tambahan > Pencetakan. Android 4.4 ke bawah langsung lewat aplikasinya

2. Tunggu hingga proses scanning printer selesai ( pastikan printer sudah menyala)

3. Buka dokumen yang ingin dicetak

4. Klik Print dan sesuaikan margin, kertas, dsb. Print untuk konfirmasi


Akhir Kata

Terimakasih telah membaca artikel cara print lewat hp dengan printer wireless. Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik.

Dicari juga : cara print dari hp ke printer wireless cara print wps office cara print lewat hp tanpa kabel cara print lewat hp android via wifi cara print teks dari hp cara menghubungkan printer ke android cara print lewat wps office download aplikasi print terbaik 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "3 Cara Print Lewat HP Android via Wifi Menggunakan Printer Wireless"

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel