2 Cara Menjalankan Android di PC/Laptop Tanpa Bluestack atau Emulator Lainnya - TumesKecil

2 Cara Menjalankan Android di PC/Laptop Tanpa Bluestack atau Emulator Lainnya

Cara Menjalankan Android di PC Tanpa Bluestack atau Emulator Lainnya - Ingin install android di pc tanpa emulator ? Tapi bingung bagaimana cara menjalankan aplikasi android di pc tanpa bluestacks atau emulator lainnya ? Sebenarnya caranya sangat mudah. Berikut TumesKecil bagikan cara bermain aplikasi android di pc tanpa emulator .

Saat ini, menjalankan aplikasi Android di PC/Laptop memang bisa dengan mudah kamu lakukan. Bagaimana caranya? Mungkin banyak orang yang sudah tahu. Emulator android jawabannya.

Banyak sekali emulator android gratisan yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan Android di PC/Laptop. Diantaranya Bluestack, NOX, dan masih banyak lagi.

Menjalankan Android menggunakan emulator di PC/Laptop tentu tak mudah bagi PC/Laptop yang berspesifikasi pas-pasan. Karena ketika menjalankan software tersebut, perangkat kamu akan ngos-ngosan dan membuka aplikasi di emulator android akan sangat lambat.

Apa yang menyebabkan hal tersebut? Ini karena System Emulator dan Kernel Host PC/Laptop berbeda, sehingga sering terkesan lambat karena harus memboot ulang sebuah operasi sistem android dengan melakukan emulasi.

2 Cara Menjalankan Android di PC/Laptop Tanpa Bluestack atau Emulator Lainnya


Selain itu, emulator android tidak menggunakan space/memori yang tidak sedikit. Butuh bergiga-giga bit untuk bisa menginstal emulator ini. Tentu akan susah jika hardisk udah merah bukan?

Nah maka dari itu, kamu berikan solusinya. Yakni menjalankan aplikasi/game android di PC tanpa menggunakan emulator. Tapi, bagaimana  cara menjalankan android di pc tanpa bluestack /emulator lainnya?

Kita akan memanfaatkan fitur dari Chrome. Yakni menggunakan ekstensi/plugin/addon yang ada di Chrome. Jadi sebelum berlanjut, pastikan laptop/pc kamu punya browser Chrome dulu ya.

Ada 2 ekstensi browser Chrome yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan aplikasi android di PC/Laptop. Apa saja itu? Berikut TumesKecil bagikan caranya

A. Cara bermain aplikasi android di pc tanpa emulator dengan Arc Welder


Ekstensi Chrome pertama yang akan kita gunakan untuk menjalankan aplikasi di laptop tanpa emulator adalah bernama Arc Welder. Untuk ukurannya ekstensi tersebut adalah berkisar 12 MB saja.

Cara menggunakannya :

1. Buka browser chrome di PC/Laptop

2. Klik link Arc Welder untuk langsung ke halaman instalasi ekstensi Arc Welder.

Atau kamu juga bisa ke menu setelan (di pojok kanan atas) > More tools ekstensions > cari Arc Welder

3. Pilih Add to Chrome untuk menginstal

4. Download aplikasi android yang kamu ingin pakai berformat APK dahulu di google. Kamu bisa mencarinya dengan kata kunci "download (nama aplikasi) apk"

5. Buka Arc Welder dengan masuk ke chrome://apps > pilih Arc welder >  klik Choose > pilih folder terserah untuk menyimpan file ke filesystem.



6. Klik Add Your APK > pilih APK yang sudah kamu unduh tadi



7. Pada halaman Test Your App, silakan atur sesuai keinginan > Terakhir, klik Launch App di pojok kanan bawah

Catatan : Jika tidak ada Launch App, klik saja Test > Masuk ke chrome://apps > buka aplikasinya

Kelemahan menggunakan cara menjalankan aplikasi android di pc tanpa bluestacks /emulator ini adalah tidak supportnya semua aplikasi android. Untuk mengatasinya, silakan coba cara yang kedua.




B. Cara bermain aplikasi android di pc tanpa emulator dengan Archon Runtime


Selain dengan ekstensi di atas, ada juga ekstensi chrome lainnya yang bernama Archon Runtime. Untuk penggunaannya agak lebih ribet sih. Tapi cara menjalankan aplikasi android di pc tanpa bluestacks / emulator di poin B ini bisa kamu coba akrena lebih support ke banyak aplikasi.


Cara menjalankan file apk di pc tanpa emulator edngan Archon Runtime :

I. Menginstal Archon Runtime

Sebelum menambahkan aplikasi, instal dahulu ekstensi ini ke Chrome kamu.

1. Download ekstensi Archon Runtime until chrome di link ini sesuai versi OS kamu > ekstrak filenya

Download juga Archon Packager (Opsional/Gak wajib) untuk mempermudah. ARChon Packager cara yang mudah untuk membuat Chrome ARChon Custom Runtime packages langsung dari smartphone kamu.

2. Buka Chrome > klik ikon setting di pojok kanan atas > pilih More tools >  pilih extensions

Atau pada address bar ketikkan perintah
chrome://extensions > enter

3. Cari menu Developer mode di pojok kanan atas dan centang/aktifkan

4. Sekarang instal ekstensi Archon Runtimenya dengan pilih Load unpacked > Cari dimana folder kamu mengekstrak Archon Runtime tadi. Jika terjadi error kalem aja karena normal


II. Mengcovert aplikasi

Setelah menginstal Archon Runtime, maka sekarang kamu harus mengconvert aplikasi. Nah, pada tahap ini nih yang agak ribet karena kamu harus mengubah/mengconvert APK ke format yang dapat dikenali oleh google chrome. Caranya mengubahnya adalah memakai script yang dibuat oleh Filippov. Jika penasaran silakan baca artikel berikut https://github.com/vladikoff/chromeos-apk

Instalasi chromeos-apk sebenarnya cukup mudah yakni menggunakan npm (runtime dari NodeJS). Untuk pengguna Windows instal dulu NodeJS. Untuk pengguna Linux (misal Ubuntu) instal dulu npm.

Proses instalasinya :

sudo npm install chromeos-apk -g
Lalu untuk mengubah APK ke yang support Chrome Extensions, gunakan :

chromeos-apk Kaskus_2.14.1.apk
Script di atas akan menghasilkan folder baru sesuai dengan vendor aplikasi android yang diconvert. Contohnya untuk aplikasi Whatsapp maka foldernya com.whatsapp.android.android 


III. Manambahkan ke Chrome

Setelah membuat aplikasi yang support Chrome extensions, maka kamu tinggal tambahkan folder tsb ke Chrome. Caranya :

1. Buka Chrome > ikon titik tiga di pojok kanan atas > More tools > extensions

Atau bisa juga langsung ketikkan chrome://extensions di address bar

2. Aktifkan Developer mode di sisi kanan > pilih Load unpacked

3. Cari dan pilih folder yang sudah dibuat tadi, contoh :  com.whatsapp.android.android

4. Akan muncul extensi baru yang bernama folder tersebut. Klik Launch 

Bisa juga ketikkan chrome://apps di address bar


Akhir Kata


Terima kasih telah membaca artikel mengenai 2 cara menjalankan android di pc tanpa bluestack atau emulator lainnya . Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat. Tambahkan komentar jika ada informasi yang kurang atau ingin bertanya

Dicari juga : cara bermain aplikasi android di pc tanpa emulator cara menjalankan file apk di pc tanpa emulator cara menjalankan aplikasi android di pc tanpa bluestacks install android di pc tanpa emulator

Berlangganan update artikel terbaru TumesKecil via email:

0 Response to "2 Cara Menjalankan Android di PC/Laptop Tanpa Bluestack atau Emulator Lainnya "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel