Pengertian, Kegunaan, dan Cara Mengatasi Keylogger yang Berbahaya - TumesKecil

Pengertian, Kegunaan, dan Cara Mengatasi Keylogger yang Berbahaya

Pernahkah kamu mendengar yang namanya keylogger? jika sudah, namun tidak mengetahui apa arti sebenarnya dari keylogger, kamu tepat datang artikel ini. Apa itu keyogger? Keylogger sendiri memiliki arti perekam ketikkan.

Pengertian keylogger yang didapatkan dari amtread adalah sebuah program yang dipasang di suatu komputer untuk merekam segala aktifitas ketikkan selama komputer itu dinyalakan. Yang dimana saat orang mengetikkan sesuatu di komputer, nantinya data akan ketikkan akan terekam kedalam sebuah log atau catatan khusus.

Keylogger sendiri tidak hanya menggunakan software untuk menjalankan program tersebut melainkan bisa menggunakan plugin di dalam search engine seperti mozilla, ataupun aplikasi untuk di smartphone.

Pengertian, Tujuan Pemasangan, dan Cara Mengatasi Keylogger yang Berbahaya


Setiap jenis keylogger berbeda-beda dalam penyimpanan log-nya dan berbeda pula dalam mengakses log-nya, seperti plugin browser yang log-nya dapat diakses menggunakan tombol kombinasi seperti ctrl+alt+o ataupun tombol kombinasi lainnya. Begitupun dengan software, yang dimana lognya dapat diakses dengan memasuki fitur log namun harus memasukkan password terlebih dahulu. Pada software, selain dapat mengakses log dengan menggunakan fitur yang telah tersedia, namun bisa juga dengan menggunakan tombol kombinasi sama halnya dengan plugin.

Apa Tujuan Pemasangan Keylogger?


Sebelum mengetahui tujuannya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu dimana biasanya program keylogger ini dipasang. Keylogger sendiri biasanya dipasang di tempat ramai pengguna seperti komputer warnet, komputer sekolah, bahkan komputer pribadi. Tujuannya antara lain karena ingin mengetahui akun penting orang lain, ataupun memantau aktifitas anak di komputer.

Setelah mengetahui data akun orang lain, biasanya dapat diperjual belikan kepada orang lain ataupun digunakan untuk sendiri.

Cara mengatasinya


Untuk cara mengatasinya adalah dengan cara tidak menggunakan komputer umum dengan sembarangan. Cek terlebih dahulu apakah ada software ataupun plugin yang tertanam di komputer tersebut ataupun tidak. Kalau dirasa aman, barulah kamu boleh menggunakan komputer tersebut.

Tapi perlu kamu ingat, bahwa software ataupun plugin yang tertanam tidak dapat kamu temukan dengan mudah. Kenapa? karena kalau mudah terlihat, maka orang lain tidak akan terjebak oleh keylogger tersebut hehe.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bahaya keylogger di tempat umum antara lain :

  • Mengetik menggunakan vertual keyboard (on screen keyboard) dengan pencet ctrl+alt+del dan pilih on screen keyboard
  • Pasang program antikeylogger. untuk PC kamu bisa mengunduh SpyShelter Free (recommended), Zemana AntiLogger (recommended), Ghostpress, SecureEncrypt’s SE-OPS, KL-Detector. Untuk Android bisa memakai Zemana Antivirus and Security
  • Mengcopy paste email dan password agar password tak terekam. Caranya dengan menulis dahulu email dan password di hp dan disimpan dalam bentuk doc/txt, lalu dikirim ke komputer dengan whatsapp web, tinggal copas deh
  • Uninstal aplikasi keylogger nya


Akhir Kata


Nah jika kamu sudah tahu pengertian, tujuan, dan juga cara mengatasinya, silahkan berbagi ilmu ini keteman, saudara, ataupun mantan kamu supaya tidak terjebak dengan keylogger ini. Jika kamu suka dengan artikel ini, dan ingin melihat artikel bermanfaat lainnya silakan berkunjung ke amtread.com.

0 Response to "Pengertian, Kegunaan, dan Cara Mengatasi Keylogger yang Berbahaya "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel