7 Cara Menghemat Baterai HP Android Saat di Perjalanan Jauh - TumesKecil

7 Cara Menghemat Baterai HP Android Saat di Perjalanan Jauh

Melakukan perjalanan jauh tentu memakan waktu lama. Namun, untuk keperluan komunikasi ponsel yang selalu dalam keadaan hidup tentu selalu dibutuhkan. Oleh karena itu setiap pemiliknya perlu mengetahui cara menghemat baterai Android, khususnya ketika melakukan perjalanan.

Dalam hal ini ada banyak faktor cepat habisnya baterai, pun cara mengatasinya juga banyak. Berikut TumesKecil paparkan kiat-kiat bagaimana cara menghemat baterai android saat bepergian.

7 Cara Menghemat Baterai HP Android Saat di Perjalanan Jauh



1. Hindari Penggunaan Terlalu Banyak Aplikasi



Terlalu banyaknya aplikasi yang digunakan di ponsel jelas sangat tidak bagus karena tidak hanya memakan RAM tetapi juga akan memakan baterai. Karena itulah kamu perlu memilah mana aplikasi yang penting untuk digunakan dan mana yang tidak. Yang terpenting jalankan saja aplikasi yang memang dibutuhkan dalam perjalanan.

Usahakan juga tidak membuka aplikasi yang terlalu berat atau yang banyak menampilkan iklan. Aplikasi serupa akan membuat daya baterai termakan lebih banyak. Akan lebih baik jika dalam pengaturannya diberhentikan terlebih dahulu. 


2. Gunakan Baterai Sarver


Menggunakan baterai saver juga merupakan cara menghemat baterai yang tidak hanya ampuh tetapi juga sangat solutif. Hal ini karena baterai saver bisa mendeteksi kapan saatnya baterai di optimalkan dan kapan saatnya baterai dihemat. Kamu juga bisa mengatur sendiri bagaimana cara kerja baterai saver tersebut di ponsel dengan masuk ke menu setting.


3. Hindari Auto Brightness


Tingkat kecerahan juga menjadi faktor penting cepat habisnya baterai. Karena itu, kamu perlu memperhatikan hal ini dengan baik. Biasanya ponsel memiliki fitur auto brightness. Fitur ini akan membuat kecerahan sangat optimal saat di lokasi gelap. Padahal hal ini sangat memakan daya baterai. Oleh sebab itulah auto brightness tersebut penting untuk di non-aktifkan.


4. Gunakan Charger Original


Tidak hanya sekedar untuk menjaga daya tahan baterai, tetapi juga untuk menjaga keawetan baterai ke depannya, jangan lupa gunakan charger original. Sudah bukan rahasia lagi jika charger palsu membawa bahaya dan akan cukup mengganggu baterai sehingga perlu dihindari. Jika charger bawaan ponsel rusak, maka ketika membeli lagi pastikan bahwa barangnya ori sehingga tidak bermasalah.



5. Matikan Sinkronasi Otomatis


Pengguna Android pastinya sangat familiar dengan sinkronasi otomatis untuk beberapa aplikasi. Nah, di sini perlu diketahui bahwa sinkronasi tersebut bisa menghabiskan daya baterai. Jadi, cara menghemat baterai dalam hal ini adalah dengan mematikan sinkronasi otomatis. Untuk urusan sinkronasi selanjutnya, jangan khawatir karena setelah perjalanan, kamu bisa mengaturnya kembali.



6. Matikan GPS


GPS memerlukan sistem kerja yang tinggi sehingga akan cukup banyak memakan daya baterai. Jika kamu berada dalam perjalanan, maka akan lebih baik untuk tidak menyalakannya. Jika ingin menggunakan google map, maka bisa melihat rute jalanan sesekali. Tidak harus terus berjalan dengan GPS yang terus menyala karena itu akan menghabiskan daya bateraimu.


7. Gunakan Mode Pesawat Saat Ponsel Tidak Digunakan


Satu tips lagi yang bisa diterapkan untuk penghematan baterai di perjalanan adalah dengan menggunakan mode pesawat. Meski pun tidak sedang di pesawat, tidak ada salahnya kamu mengaktifkan mode tersebut. Dengan mode pesawat, maka semua aktivitas ponsel yang ada hubungannya dengan jaringan akan mati sehingga kebutuhan daya baterai pun sedikit.

Bagi yang sedang melakukan perjalanan jauh, beberapa tips dan cara menghemat baterai untuk ponsel Android di atas bisa diterapkan. Khususnya bagi yang ponselnya memang sering kehabisan baterai padahal sangat membutuhkannya. Hal ini juga bisa diterapkan dalam rangka menjaga keawetan baterai yang tentu sangat berguna untuk ponsel dengan baterai non-removable.

1 Response to "7 Cara Menghemat Baterai HP Android Saat di Perjalanan Jauh"

  1. Betul banget tuh brightness harus dikurangi agar ponsel tak boros batre ...

    Dan juga benar banget kalau pengunaan chargher yang memang bukan bawaannya bakalan cepat atau lambat merusak perangkat.

    Karena aku pernah mengalaminya, layar ponsel jadi biru disekelilingnya.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel