7 Aplikasi untuk Penulis Pemula Bantu Lebih Produktif - TumesKecil

7 Aplikasi untuk Penulis Pemula Bantu Lebih Produktif

Menulis merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Beberapa diantaranya memilih menulis sebagai suatu cara untuk mengeskpresikan sesuatu yang sedang dirasakannya.

Tidak heran jika sekarang ini banyak beredar aplikasi untuk penulis pemula yang sengaja dibuat sebagai wadah para penulis yang baru saja akan terjun ke dunia tulis menulis.

Aplikasi-aplikasi ini yang kemudian berhasil menarik banyak orang dengan minat di dunia tulis menulis sehingga lebih produktif. Mereka akan mengunggah berbagai cerita yang berhasil dirangkainya ke dalam aplikasi tersebut.

7 Aplikasi untuk Penulis Pemula Bantu Lebih Produktif

Rekomendasi Aplikasi untuk penulis pemula

Lalu, apa saja aplikasi tersebut? Tertarik untuk mengetahuinya lebih jauh? Yuk kita bahas.


1. Wattpad


Wattpad merupakan aplikasi yang bisa disebut juga sebagai buku digital, bisa dikatakan ini adalah aplikasi untuk menulis novel baik via pc maupun iPhone. Ya, disini memang banyak penulis ulung yang membuat cerita dan dibagikan kepada orang lain.
Dalam aplikasi ini, Anda bisa menulis berbagai genre cerita seperti romance, thriller, comedy, horror, sci-fi, dan berbagai genre lainnya.

Melalui aplikasi ini, sudah banyak penulis yang kemudian ceritanya diterbitkan menjadi sebuah buku novel fisik dan diperjual belikan secara bebas di pasaran.



2. Evernote


Sesuai dengan namanya, aplikasi gawangan Evernote Corporation ini biasa digunakan sebagai pengingat bagi penggunanya untuk menyimpan catatan, teks, hasil scan, bahkan sampai audio pun bisa disimpan disini.

Tapi aplikasi ini juga bisa digunakan untuk Anda yang menyukai menulis cerita. Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan fitur yang ada di aplikasi ini untuk berdiskusi mengenai pekerjaan dan hasil tulisan Anda.



3. Writer Tools


Aplikasi yang satu ini sangatlah menarik untuk digunakan, terutama untuk Anda yang memiliki hobi menulis. Aplikasi ini memiliki fitur ‘timer’ yang bisa mengatur jadwal menulis Anda. Sehingga tidak akan ada lagi yang namanya bosan akibat terlalu lama menulis.

Ketika jadwal yang tertera pada fitur ‘timer’ itu artinya kamu harus segera istirahat biar semangat dalam menulis tetap terjaga dan lebih produtif.

Selain itu, ada juga fitur ‘writing progress’ untuk memungkinkan Anda memantau hasil tulisan yang telah diunggah secara berkala melalui progress stats.



4. Novelist


Sama dengan namanya, aplikasi ini ditujukan untuk sebagian orang yang gemar menulis novel. Fitur-fitur yang ada di aplikasi bisa digunakan untuk menyusun plot dan outline cerita Anda, sehingga membuatnya lebih menarik.

Bukan hanya itu, di dalam aplikasi ini Anda bisa memilih berbagai model template untuk buku yang akan ditulis, editor teks, juga adanya fitur auto save yang menggunakan preview mode yang sangat praktis untuk digunakan.



5. Writer Plus


Writer Plus diluncurkan untuk membantu para penulis dengan memberikan wadah sebagai media dalam menulis cerita maupun dokumen lainnya.

Aplilkasi ini didukung dengan berbagai fitur seperti folder yang bisa digunakan untuk menyimpan hasil tulisan, undo, redo, character count, night mode, dan juga word.

Menariknya lagi, Writer Plus ini didukung oleh berbagai bahasa seperti bahasa inggris, Italia, Jerman, Perancis, dan masih banyak bahasa lainnya.



6. JotterPad


Mendapatkan title sebagai salah satu aplikasi menulis digital terbaik yang pernah ada, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.
Title tersebut berhasil diraih bukan tanpa sebab, JotterPad memiliki berbagai fitur yang mendukungnya mendapatkan title tersebut.

Salah satu fitur tersebut adalah adanya quick preview, free distraction editor, juga screenwriter yang profesional. Tidak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan custom untuk tampilan yang menarik pada cover cerita Anda.

Anda juga bisa mengekspor hasil tulisan yang sudah dibuat dalam bentuk pdf maupun word, sehingga Anda tetap bisa menyimpan salinan cerita tersebut dan mencetaknya dalam bentuk fisik.



7. iA Writer

Aplikasi selanjutnya adalah iA Writer. Aplikasi ini didesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan looks yang simpel namun tetap menarik dengan berbagai fitur yang disediakan.

Aplikasi ini juga didukung dengan fitur night mode dan light/ day mode yang bisa Anda ubah kapanpun sesuai dengan mood dan seleran Anda. Juga bisa diekspor ke dalam bentuk pdf, docx, wordpress, maupun medium. Selain itu, Anda juga bisa melalukan pratinjau, jika dibutuhkan, melalui format HTML.



Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi untuk penulis pemula di atas, Anda bisa mengunduh secara gratis melalui Google Play Store. Oh ya, jika kamu adalah seorang penulis artikel, ada baiknya kamu memanfaatkan keahlian tersebut untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

0 Response to "7 Aplikasi untuk Penulis Pemula Bantu Lebih Produktif"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel