Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah website, blog, email, dan lain sebagainya yang terkait dengan dunia maya. Dibalik fitur dan pewarnaan yang menarik sebenarnya ada proses belajar yang memanfaatkan aplikasi pemrograman.

Pemrograman merupakan proses penulisan pada komputer yang melewati pengujian dan memperbaiki kode yang disebut sebagai bahasa pemrograman. Ada banyak bahasa pemrograman yang perlu diketahui, diantaranya C, C++, CSS, HTML, Javascript, SQL, Python, dan lain sebagainya.

Setiap bahasa pemrograman tersebut juga dapat digunakan pada jenis program yang kita inginkan, mulai dari web development hingga data science, bahkan hingga untuk hiburan seperti game.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu aplikasi apa saja yang dapat membantu Anda belajar program dan bahasanya, berikut adalah penjelasannya.

Rekomendasi 7 Aplikasi untuk Belajar Pemrograman Bagi Pemula

7 Aplikasi untuk Belajar Pemrograman Bagi Pemula

Di era yang serba digital ini, tak sulit untuk mempelajari berbagai hal secara otodidak, khususnya untuk belajar pemrograman. Banyak media yang bisa kita media yang dapat menjadi pedoman Anda dalam belajar. Salah satunya adalah aplikasi.

Ada berbagai macam aplikasi yang dapat membantu Anda yang ingin mengetahui tentang pemrograman melalui android, ios, maupun website. Berikut adalah 7 aplikasi untuk belajar pemrograman yang direkomendasikan bagi Anda yang masih pemula.

1. Codecademy

Belajar di Codecademy tak hanya berguna bagi pemula saja namun juga bagi yang sedang dalam proses belajar dan memahami, serta yang sudah mahir sekalipun.Oleh karena itu, aplikasi Codecademy ini puncukup banyak diminati banyak orang di seluruh dunia dan dapat dibuka melalui website maupun pemasangan pada android Anda.

Baca :   Aplikasi Belajar Anak-Anak yang Menarik dan Edukatif

Codecademy dilengkapi dengan kurikulum yang tertata dan terstruktur serta latihan yang bervariasi. Aplikasi Codecademy saat ini berfokus pada 3 jenis materi, diantaranya Web Development (HTML/ CSS, Javascript), Programming and Computer Science (python, CMD Line), dan Data Science (Python, SQL).

2. Solo Learn

Aplikasi ini dapat dibuka di media apapun, termasuk website, android, windows phone, hingga ios. Solo Learn sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya. Meski begitu sama-sama tetap mengajarkan tentang bahasa pemrograman seperti yang lainnya.

Solo Learn memiliki 12 aplikasi anakan yang dapat diinstall masing-masing, yaitu Learn Java, Learn Java Script, Learn C++, Learn C#, Learn Pyhton, Learn PHP, Learn Programming with Swift, Learn Ruby, Learn jQuery, Learn HTML, Learn CSS, Learn SQL. Setiap aplikasi tersebut hanya memfokuskan pada satu bahasa pemrograman saja.

3. Codebox

Aplikasi ini dikhususkan hanya untuk Anda yang pemula dan ingin fokus mempelajari bahasa pemrograman C dan Java. Walaupun hanya berfokus pada dua bahasa tersebut, Codebox termasuk lengkap dan detil dalam penjelasan materi dan contohnya.

4. Learn Programming

Pada aplikasi learn programming memiliki lebih dari 70 bahasa pemograman yang dapat Anda pilih. Uniknya, di Learn Programming tak hanya menyediakan informasi tentang bahasa pemrograman, namun Anda juga dapat membuat program sendiri.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kuis dan wawancara. Anda juga dapat mengetahui sejauh mana kemampuan Anda dalam belajar pemrograman dari hasil grafik kuis yang ditampilkan.

5. Programming Hub

Aplikasi ini tak hanya dapat dipasang pada smart phone Anda, namun juga dapat dibuka melalui komputer. Di aplikasi ini, Anda juga dapat mengetahui penjelasan mengenai bahasa pemrograman tadi.

Ada sekitar 19 jenis bahasa pemrograman yangada di aplikasi ini. Materi yang tersedia juga banyak dan dapat dipilih sesuai keinginan.

Baca :   6+ Aplikasi untuk Membuat Logo Squad Mobile Legend Terbaik

6. Encode: Learn to Code

Aplikasi ini menjelaskan secara jelas dan padat melalui materi pemrograman yang disajikan. Anda dapat mempelajari contoh yang ada dan mencoba membuat program baru untuk mendalaminya.

Saat ini, Encode mengutamakan materi Web, Javascript, dan Python. Meski hanya berfokus pada tiga materi ini, penjelasan materi cukup lengkap. Aplikasi ini dilengkapi pula dengan mini challenges dan dapat tetap digunakan meski Anda sedang offline.

7. Code Hub

Code Hub memiliki penjelasan materi, contoh, dan video yang mudah Anda pahami. Ada 50 materi yang dipelajari di aplikasi ini yang meliputi pemahaman tentang web, HTML5, dan CSS3.

Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula, desainer, dan pengembang web karena sangat sederhana. Ulasan penjelasan materinya pun lengkap, namun aplikasi ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan Hindi.

Belajar pemrograman memang akan terasa sulit jika belum menguasainya. Namun kehadiran berbagai aplikasi untuk belajar pemrograman yang lengkap tersebut akan mampu membantu Anda dalam mempelajari pemrograman dengan mudah. Jika Anda memiliki website bisnis namun tidak bisa mengelola, Anda bisa menggunakan jasa kelola website dari Jawarakonten.

Semua hal yang dibutuhkan untuk optimasi website akan dilakukan oleh Jawarakonten, termasuk optimasi SEO-nya. Parktis bukan?