7 Tips dan Cara Mengetahui Berita Hoax atau Asli - TumesKecil

7 Tips dan Cara Mengetahui Berita Hoax atau Asli

7 Tips dan Cara Mengetahui Berita Hoax atau Asli - Ingin tau bagaimana cara membedakan berita hoax dan fakta ? Sebenarnya cara mengetahui berita hoax atau bukan cukup mudah. Berikut TumesKecil bagikan cara mengetahui berita itu hoax atau tidak

Kini sudah zamannya kemudahan dalam menemukan informasi dengan cepat. Banyak sekali masyarakat yang terbantu dengan kemajuan teknologi sekarang. Selain dampak positif yang dirasakan, dampak negatifnya pun kadang sangat berbahaya bagi masyarakat Indonesia, salah satunya adalah berita hoax.

Masyarakat Indonesia masih sulit untuk bisa membedakan antara berita fakta dan hoax, sehingga berita apa saja akan mudah tercerna oleh masyarakat. Kelemahan inilah yang dijadikan sebagai senjata bagi para pelaku kejahatan media.

Mengapa berita hoax sangat mudah ditelan banyak masyarakat Indonesia? Ini karena isi dari berita hoax itu sendiri yang menggugah para pembacanya untuk membagikan ulang karena menurut mereka isinya menarik. Isinya sangat cocok sekali dengan selera para penjilat berita hoax. Dan ironisnya mereka jumlahnya tak sedikit. Inilah yang membuat penulis berita hoax juga ikut bertebaran


7 Tips dan Cara Mengetahui Berita Hoax atau Asli


Maka dari itu, untuk mencegah semakin maraknya penyebaran berita hoax dan mencegah kamu menjadi korban dari berita hoax, ada baiknya kamu mengetahui tips dan cara mengetahui berita hoax atau asli yang kami bagikan berikut ini


Tips Awal Mengetahui Berita Hoaks atau Asli 


Ketua Mafindo sebenernya sudah memberitahu bagaimana tips awal untuk mengidentifikasi berita hoax atau asli. Berikut tips nya :


1. Hati-hati dengan judul yang mengundang klik/provokatif (clickbait)


Berita hoax biasanya menggunakan judul artikel yang provokatif, menyalahkan salah satu pihak, dan meskipun diambil dari media resmi, tapi bahasanya diubah sesuai dengan penulis berita hoax.

Maka dari itu, jika kamu mendapatkan artikel berita yang memiliki judul yang clickbait atau provokatif, ada baiknya untuk tidak percaya terlebih dahulu. Lebih baik, cari berita itu di media lain dan bandingkan isinya.


2. Perhatikan Alamat Website Penyebar Berita


Cara menghindari berita hoax yang paling mudah sebenarnya adalah dengan memperhatikan alamat website. Website portal berita yang masih menggunakan subdomain seperti domain.blogspot.com informasi yang berada di sana bisa dibilang meragukan.

Menurut catatan Dewan Pers, ada sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim dirinya sebagai website penyedia berita. Namun, yang sudah terverifikasi sebagai website portal berita resmi jumlahnya tak sampai 300. Jadi, masih banyak sekali website berita di luar sana yang harus kamu waspadai.


3. Cek Faktanya


Cek darimana berita tersebut berasal dan siapa narasumbernya? Apakah dari instansi resmi seperti Polri? Jangan mudah percaya jika informasi berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat politik.

Perhatikan juga keseimbangan berita. Jika hanya menggunakan satu sumber saja, pembaca tidak bisa mengetahui gambaran utuhnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah apakah berita yang dibuat berdasarkan fakta ataukah opini. Fakta adalah peristiwa yang sesuai kenyataan dan bukti yang akurat, sementara opini adalah pendapat pribadi seseorang sehingga sifatnya cenderung subyektif.


Cara Mengetahui Berita Hoax atau Asli


Jika kamu masih bingung dengan tips di atas, berikut cara mengetahui berita hoax atau asli secara terapan :


1. Cek Keaslian Foto


Ada cara yang simple untuk filtering berita melalui gambar yang ada didalam artikel nya. Ini bisa digunakan agar mengetahui apakah gambar yang ditampilkan sesuai dengan isi artikelnya dengan mengetahui siapa mengupload gambar pertama kalinya dan tentang apa gambar tersebut dengan memanfaatkan fitur yang google berikan.

1. Simpan/download terlebih dahulu gambar dari artikel yang akan di cek keasliannya.

2. Buka browser google chrome dan ubah ke versi desktop. (Jika membuka browser di pc/laptop, lewati poin ini)

cara membedakan berita hoax dan fakta


3. Silahkan ketik pada pencarian “image.google.com

4. Klik icon kamera, kemudian pilih upload gambar.

cara menghindari berita hoax


5. Akan ditampilkan beberapa website yang artikelnya memiliki kesamaan gambar dengan yang kamu upload tadi.

cara mengetahui berita hoax atau bukan


6. Silahkan kamu cek satu-satu link artikelnya agar mengetahui keterkaitan antara gambar dengan isi artikelnya apakah saling berhubungan atau berlainan.

Saya mencoba sample dengan mengambil gambar disalah satu beritanya tirto dengan judul “Alasan orang-orang Aceh tak memilih jokowi” , setelah saya coba lakukan dengan menggunakan cara diatas ternyata gambar yang ada didalam memiliki kesamaan tentang pemilihan umum yakni tentang ketidakpuasan terhadap kinerja jokowi dan unjuk rasa terhadap KPU. Namun gambar tersebut bukan asli orang aceh yang melakukan unjuk rasa.

Walaupun gambar dengan isi artikel tirto tidak saling berhubungan, namun isinya bisa kita percaya. Mungkin gambar yang dipilih tirto hanya ilustrasi dari artikel yang ditulis bukan gambar yang di potret langsung oleh pihak tirto.

Tentu saja ini tidak bisa kita pastikan akurat apakah beritanya hoax atau fakta namun bisa kita jadikan salah satu penilaian untuk menentukan berita hoax atau bukan. Banyak ciri-ciri lain untuk menentukan berita hoax seperti gaya bahasa berita, tidak menampilkan tanggal kejadian secara jelas, banyak pengandaian dalam isi beritanya dan lainnya.


2. Melalui Website turnbackhoax.id


Turnbackhoax.id adalah situs pendeteksi hoax yang memberikan informasi mengenai berita-berita yang beredar dengan memberikan kejelasan berita tersebut apakah hoax atau asli.

Selain dapat mengetahui berita hoax dan asli, di website buatan Mafindo  ini, kamu juga bisa melaporkan berita hoax dengan mengisi form yang disediakan website ini.


3. Melalui Forum Facebook


Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax adalah grup/forum di Facebook yang  menyebarkan  berita-berita yang benar. Kamu bisa mengetahui berita-berita dengan benar (hoax atau bukan), berkontribusi menyebarkan berita yang benar, dan tentunya kamu juga bisa berdiskusi mencari solusi atas berita yang beredar tersebut. Forum ini cukup ramai setiap harinya jadi cocok kalau lagi bersantai sambil cek n ricek berita hoax di forum ini. URL nya berikut ini https://www.facebook.com/groups/fafhh/

Selain itu ada juga fanspage yang berisi serupa, yakni https://www.facebook.com/TurnBackHoax . Sama seperti grup sebelumnya, fanspage ini juga membagikan berita-berita yang sudah diberikan keterangan hoax atau bukan. Jadi lebih mudah deh.


4. Melalui aplikasi HBT 


HBT atau Hoax Buster Tools adalah aplikasi buatan Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) yang memungkinkan untuk memfilter berita-berita hoaks. Sebenarnya cara kerja HBT ini sama seperti dengan search engine google. Bedanya, jika kamu mencari berita di sini, berita hoaks tidak akan dimunculkan alias difilter.

Selain untuk mengecek berita, foto, atau video hoaks, HBT juga dapat mendeteksi akun sosial media yang terindikasi menyebarkan berita hoaks.

Sebenarnya, database aplikasi pengecek berita hoax ini berasal dari website bernama TurnBackHoax.id . Situs ini berisi berita-berita baik hoaks maupun asli. Setiap berita diberi penanda di awal judul kalau berita tersebut hoaks, berita asli, klarifikasi, dsb.

Menariknya lagi, kamu bisa juga melaporkan berita hoaks di HBT ini.



Akhir Kata


Terima kasih telah membaca artikel mengenai 7 Tips dan Cara Mengetahui Berita Hoax atau Asli. Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat. Tambahkan komentar jika ada informasi yang kurang atau ingin bertanya.

Dicari juga : cara mudah mengetahui berita hoax cara mengetahui berita hoax atau tidak cara untuk mengetahui berita hoax cara mengetahui berita hoax dan fakta

6 Responses to "7 Tips dan Cara Mengetahui Berita Hoax atau Asli"

  1. Sangat menarik, informatif dan bermanfaat. Hati2 hoax, UU ITE menanti.

    ReplyDelete
  2. oh gitu ya cara menegathui berita hoax atau aslinya, ijin share min

    ReplyDelete
  3. Wah jadi ini tips dan cara mengetahui berita palsu(hoax) dan asli.

    Makasih informasinya 😃👌

    ReplyDelete
  4. Memang di tahun politik kali ini kita selalu dihadapkan dengan berbagai macam hoax yang tak terbendung jumlahnya. Artikel ini hadir membuka mata para netizen agar pilah memilah dengan bijak mana yang baik dan mana yang buruk.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel