Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power Solusi Tombol Power Rusak - TumesKecil

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power Solusi Tombol Power Rusak

Ingin tau bagaimana cara menghidupkan layar hp tanpa tombol power ? Sebenarnya cara menghidupkan hp tanpa tombol power sangat mudah. Berikut TumesKecil bagikan cara menyalakan hp tanpa tombol power .

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui cara menghidupkan hp tanpa tombol power, karena memang sebenarnya pada setiap hp sudah terdapat tombol power yang berfungsi untuk mematikan dan menyalakan layar.

Walaupun demikian, tetapi tidak jarang terjadi kerusakan pada fungsi tombol power yang menyebabkan hp tidak bisa dinyalakan, biasanya kerusakannya ditandai dengan kerasnya ketika kita menekan tombol tersebut.

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengganti fungsi tombol volume menjadi tombol power sehingga Anda bisa menghidupkan hp tanpa tombol power, selain itu juga ada trik lain yang akan kami bahas pada artikel kali ini, simak sampai selesai.

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power



Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power


Jika Anda mengalami masalah tombol power macet, jangan panik dulu, karena kami akan memberikan beberapa trik dan cara mengatasi tombol power macet mudah yang bisa Anda ikuti:

1. Menggunakan Aplikasi "Volume Unlock Power Button"


Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, ternyata tombol volume down atau up bisa diubah fungsinya menjadi tombol power dengan menggunakan aplikasi, khusus untuk Android, aplikasi pengganti tombol power ini bernama Volume Unlock Power Button yang bisa Anda unduh gratis di playstore.

Trik ini adalah yang paling mudah dan simple, tetapi kekurangannya adalah Anda hanya bisa menghidupkan hp jika dalam keadaan Sleep saja, tidak bisa menyalakannya jika dalam keadaan benar benar mati, seperti baterai habis, atau setelah dicabut baterainya.

Dibawah ini adalah langkah-langkah penggunaannya:

1. Pertama, download aplikasi Volume Unlock Power Button (Volume Buka Kunci Daya) di playstore.


2. Buka aplikasi tersebut, tampilan awalnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini:


aplikasi pengganti tombol power

3. Ada beberapa opsi yang akan Anda temukan, jika baru pertama kali memasangnya, Anda harus mencentang seperti yang sudah ditandai pada gambar dibawah ini:

cara menyalakan hp tanpa tombol power


4. Ketika mencentang opsi "gunakan tombol power untuk mengunci" terlebih dahulu Anda harus mengaktifkan administrator perangkat, klik "aktifkan administratir perangkat" seperti gambar berikut:

cara menghidupkan layar hp tanpa tombol power


Sampai sini Anda sudah bisa mematikan dan menghidupkan hp menggunakan tombol volume down atau up, tetapi fungsi volume jadi terganggu, Anda bisa menonaktifkannya kembali pada aplikasi tersebut.


2. Menggunakan Tombol Home


Khusus HP Android samsung, Anda bisa menyalakan layar ponsel menggunakan tombol Home saja, karena hp samsung sedikit berbeda dengan Android yang lainnya, ciri khasnya adalah perbedaan pada tombol home yang bukan menggunakan layar sentuh.

Tombol home ini juga berfungsi sebagai salah satu kombinasi untuk masuk ke mode factory reset, tetapi selain itu juga Anda bisa memanfaatkannya sebagai pengganti tombol power yang rusak, hanya dengan menekan sekali saja, maka layar ponsel akan menyala.


3. Mengisi Daya Baterai


Trik yang kedua ini belum banyak yang mengetahui, jika sebelumnya HP Android Anda sudah disetting menyala otomatis ketika dalam pengisian daya, maka bisa menggunakan cara ini untuk menghidupkan hp jika tombol power dalam kondisi rusak.

Mengisi daya baterai bisa dilakukan dengan menggunakan charger, menggunakan power bank, dan menghubungkan hp ke pc atau laptop menggunakan kabel USB, maka layar ponsel akan otomatis menyala.

Memang cara ini tidak praktis, karena setiap layar mati atau dalam kondisi "sleep" untuk menyalakannya Anda harus mengisi daya terlebih dahulu, ini adalah kekurangannya, dan Anda tidak bisa mengidupkannya jika HP dalam kondisi benar benar mati.


4. Melepas dan Memasang Baterai


Ini adalah salah satu cara yang mungkin sudah cukup banyak orang yang tahu, Anda bisa melepas dan memasang baterai hp dengan cepat dalam kondisi baterai sedang diiisi daya, maka hp akan sendirinya menyala dan masuk ke menu awal.

1. Pertama, pastikan HP dalam keadaan dicharger, bisa menggunakan charger, power bank atau menghubungkan ke pc menggunakan kabel USB.

2. Ketika sudah ada logo baterai sedang mengisi daya, Anda harus segera melepas dan memasang kembali baterai dengan cepat.

3. Jika berhasil, ponsel akan menyala dengan sendirinya, dan masuk ke menu awal.

4. Ulangi langkah ini jika belum berhasil.





Cara Restart HP Tanpa Tombol Power


Ternyata tidak hanya menghidupkan dan mematikan layar saja, Anda juga bisa restart hp tanpa tombol power lho! terkadang hp terasa lambat dan panas, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menyalakan ulang ponsel.

Jika tombol power Anda tidak berfungsi, bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi "terminal emulator" aplikasi ini memiliki banyak kegunaannya, salah satunya Anda bisa reboot hp hanya dengan kode perintah saja, berikut tutorialnya:

1. Pertama, silakan download aplikasi Terminal Emulator diplaystore.

2. Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi tersebut, lalu ketik perintah "reboot" dan klik enter pada keyboard hp, seperti gambar dibawah ini:

cara restart android tanpa tombol power


3. Jika berhasil, maka secara otomatis HP Android Anda akan reboot dengan sendirinya.
Adapun perintah untuk reboot recovery mode, shutdown, reboot download dan lain lain.


Akhir Kata

Demikian artikel kali ini yang bisa kami bagikan dengan judul cara menghidupkan hp tanpa tombol power, dengan mengikuti langkah langkah diatas Anda bisa dengan mudah mengganti fungsi tombol lainnya menjadi tombol power, semoga bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power Solusi Tombol Power Rusak"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel