Cara Mengganti IP Android Manual dengan Mudah - TumesKecil

Cara Mengganti IP Android Manual dengan Mudah

Cara Mengganti IP Android Manual dengan Mudah - Ingin tau bagaimana cara mengganti ip address android manual ? Sebenarnya cara cara ganti ip android manual cukup mudah. Berikut TumesKecil bagikan cara ganti ip manual di android .

Di zaman yang sudah modern ini tentu Kita tidak asing lagi dengan jaringan Internet. Untuk dapat terhubung dengan internet, kita harus memiliki koneksi internet terlebih dahulu. Setiap koneksi internet pasti akan diberi identitas pengguna internet yang diberi nama “IP Address”.

Setiap IP Address yang akan mengakses internet harus dipandu oleh pemimpin yang memiliki nama “DNS”. Ketika Kita menghubungkan koneksi jaringan internet pada Android biasanya IP Address dan DNS akan secara otomatis memilih identitasNya sendiri.

Cara Mengganti IP Android Manual


Kenapa Mengganti IP Address Secara Manual itu Penting Diketahui?


Pemilihan identitas internet secara otomatis terkadang tidak berjalan mulus. Sistem random dalam memilih IP Address dan DNS pada Android dapat berdampak buruk yaitu terjadi kesalahan koneksi sehingga Android tidak dapat terhubung ke Internet.

Salah satu masalah pada penerimaan IP Address dan DNS secara otomatis adalah adanya limit IP Address yang disediakan oleh Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). DHCP berfungsi membagikan identitas internet berupa IP Address pada perangkat yang terhubung ke host jaringan tersebut.

Selama ini, DHCP pada jaringan selular tidak pernah mengalami masalah serius karena limit kuota IP Address. Namun pada jaringan Wireless Fidelity (WIFI), DHCP sering terjadi limit kuota IP Address.
Misalnya sebuah DHCP server menyediakan kuota IP Address sebanyak 30 IP Address saja.

Saat itu Kamu ingin ikut terhubung ke host server tersebut dan Kamu adalah orang ke 31 yang ingin menyambung ke jaringan wifi tersebut. Hasilnya, Kamu tidak akan bisa terhubung ke jaringan WIFI tersebut.


Cara Mengganti IP Android Manual dengan Mudah


Cara mengganti IP android manual sangat mudah dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Bahkan mengganti alamat ip android manual bisa dilakukan dalam hitungan detik saja. Berikut langkah-langkahnya :

1. Yang paling penting dilakukan adalah memastikan perangkat WIFI Kamu sudah aktif agar dapat menghubungkan koneksi ke jaringan WIFI.

2. Jika perangkat WIFI Android Kamu sudah aktif, Hubungkan terlebih dahulu perangkat WIFI Kamu ke jaringan WIFI yang tersedia. Jika Kamu belum terhubung ke jaringan WIFI secara default, Kamu tidak akan mendapat mask IP Address jaringan WIFI, seperti gambar berikut. Masih kosong semua.


cara mengganti ip address android manual

3. Setelah terhubung ke Jaringan WIFI, Buka pengaturan Android Kamu.

4. Masuk ke Bar Koneksi, Selanjutnya pilih pengaturan jaringan WIFI.

cara ganti ip android manual

5. Pilih SSID atau nama WIFI yang sudah terhubung dengan perangkat WIFI Android Kamu. Tekan SSID atau nama WIFI tersebut hingga muncul kotak pengaturan WIFI lanjutan sepeti gambar dibawah.

cara ganti ip manual di android


6. Nanti Kamu akan disuruh untuk memilih “Lupa Jaringan” dan “Kelola Pengaturan Jaringan”. Pilihlah “Kelola Pengaturan Jaringan” sehingga muncul kotak pengaturan jaringan WIFI yang baru seperti gambar dibawah.

cara mengganti alamat ip android manual

7. Centang bagian “Tampilkan Opsi Lanjutan” pada sub opsi “Pengaturan IP” Ubahlah pilihan “DHCP” menjadi “Statis” seperti gambar dibawah ini.

cara mengganti ip android secara manual


8. Selanjutnya akan muncul pengaturan Alamat IP, Gerbang, Panjang Awal Jaringan, DNS 1, DNS2 dan Proksi seperti gambar dibawah.

cara ubah ip android manual


9. Ubahlah IP Address dengan ekor yang berbeda. Misalnya seperti gambar di bawah semula, IP Address saya adalah “192.168.43.59” akan saya ubah ekornya menjadi “192.168.43.31”



10. Jika sudah Klik SIMPAN dan IP Address akan berubah secara manual sesuai dengan pengaturan yang kita lakukan tadi.

11. Kamu juga bisa mengubah DNS dari Jaringan WIFI yang terhubung dengan sesuka hati seperti tutorial diatas agar koneksi Internet menjadi cepat.

12. Selesai

Dengan mengikuti tutorial di atas, Kamu telah berhasil melakukan cara mengganti ip android secara manual . Silakan Kamu cek apakah jaringan WIFI Kamu sudah terhubung ke server jaringan dengan menggunakan aplikasi “IP Config”.

Aplikasi “IP Config” bisa Kamu unduh secara gratis di Play Store. IP Config akan menampilkan semua identitas koneksi jaringan Kamu.


Akhir Kata

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Cara Mengganti IP Android Manual dengan Mudah. Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat. Tambahkan komentar jika ada informasi yang kurang atau ingin bertanya.

Dicari juga : cara mengganti alamat ip android manual cara ubah ip android manual cara mengganti ip address android tanpa aplikasi

0 Response to "Cara Mengganti IP Android Manual dengan Mudah"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel