Cara Melihat Kemacetan Lewat Google Map dengan Mudah - TumesKecil

Cara Melihat Kemacetan Lewat Google Map dengan Mudah

Cara Melihat Kemacetan Lewat Google Map dengan Mudah - Ingin tau bagaimana cara melihat kemacetan melalui maps ? Sebenarnya cara melihat kemacetan di maps cukup mudah. Berikut Tumeskecil bagikan cara melihat kemacetan dengan google maps .

Di zaman yang modern ini, banyak sekali kegiatan manusia yang dibantu oleh aplikasi smartphone. Salah satunya adalah kegiatan perjalanan, Google maps dapat membantu kita. Dulu sebelum hadirnya Google maps, pengemudi harus membaca peta untuk mendapatkan jalan yang tepat sampai tujuan yang diinginkan.


Google maps memiliki peran penting dalam setiap perjalanan kita untuk jaman sekarang. Dengan google maps kita bisa mengetahui jalan atau tempat yang sama sekali belum pernah kita lalui dan petunjuk arahnya pun sangat akurat terlebih bisa disesuaikan dengan kendaraan yang kamu pakai apakah menggunakan mobil atau motor, ini bertujuan agar jalur ketempat tujuan bisa disesuaikan.

Cara Melihat Kemacetan Lewat Google Map dengan Mudah


Tidak hanya sebagai petunjuk jalan saja, google maps juga bisa mengetahui kondisi lalu lintas yang akan kita lewati apakah macet atau lancar. Dengan adanya fitur real time tentang lalu lintas, kita bisa mencari jalan alternatif agar tidak terkena macet tapi biasanya google maps sudah memberikan arah tujuan berdasarkan estimasi waktu tercepat.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut cara melihat kemacetan lewat google map :


2 Cara Melihat Kemacetan Lewat Google Map 


Berikut langkah-langkah 2 cara mengetahui macet di maps :


Cara Melihat Kemacetan Lewat Google Map dengan Aplikasi Google Maps di Smartphone


1. Pertama buka aplikasi google maps dan pastikan gps dan internet menyala.

2. Di halaman awal, silahkan tekan mulai (start).

mengetahui macet di google map


3. Masukkan lokasi awal dan lokasi tujuannya bertujuan agar kamu bisa melihat secara detail tentang kondisi lalu lintasnya.

cara melihat kemacetan dengan google maps


4. Setelah ditampilkan arah tujuan kamu, terlihat warna jalur berbeda-beda. Ada 3 warna untuk menandai keadaan jalanan yaitu merah, kuning dan biru.

cara melihat kemacetan di maps

  • Untuk warna merah menandakan daerah atau sekitarnya sedang dalam keadaan padat/macet. 
  • Untuk warna kuning menandakan bahwa kondisi lalu lintas padat merayap 
  • Untuk warna biru menandakan bahwa kondisi jalan sedang lancar atau lengang.

Sebenarnya ketika kamu masuk ke aplikasi google maps, keadaan lalu lintas sudah bisa kamu langsung lihat. Ini berguna jika kamu ingin melihat keadaan jalan untuk tenpat-tempat terdekat atau dalam kota saja.

Untuk kamu yang berpergian ke luar kota atau jarak yang jauh akan memudahkan jika memasukkan lokasi awal dan lokasi tujuan karena jalur yang akan kita lewati sudah tertandai sehingga lebih mudah untuk melihat kondisi lalu lintasnya.


Tips, Cara melihat kemacetan di  gmaps jika kemu sedang terburu-buru


1. Buka aplikasi Google Maps

2. Klik garis tiga di pojok kiri atas (ikon hamburger)


3. Pilih Start Driving (Memulai perjalanan)



4. Kamu bisa melihat jalan yang lancar, merayap, dan macet


  • Untuk warna merah menandakan jalanan sedang padat/macet. 
  • Untuk warna kuning menandakan kondisi jalan padat merayap 
  • Untuk warna hijau menandakan bahwa jalan sedang lancar / lengang.

Catatan penting bagi pengguna Google Maps. Warna jalanan bisa berubah secara tiba-tiba karena suatu saat jalanan bisa berubah keadaannya, misal dari macet jadi merambat. Apresiasi lebih kepada Google maps atas keakuratan dan kecepatannya dalam memberikan informasi kemacetan jalanan.
Nah, karena sering berubahnya warna jalanan, maka dari itu kami sarankan agar HP selalu terkoneksi internet, gps nyala, baterai banyak, dan google maps nyala.


Cara Melihat Kemacetan Lewat Google Map Lewat Browser Laptop dan HP


Jika ingin melihat kemacetan lalu lintas lebih luas lagi, kamu bisa melihtanya di laptop atau PC. Oiya, sebenarnya trik ini bisa juga kamu gunakan untuk HP, dan bisa jadi solusi kalau misal kamu malas buka aplikasi. Cara melihat kemacetan di google maps lewat laptop atau PC :

1. Buka browser kamu dan masukkan alamat google.com/maps

2. Klik ikon bergaris tiga di pojok kiri atas (ikon hamburger)



3. Pilih Lalu lintas (traffic)




4. Nah, kamu bisa melihat keadaan jalan yang berhenti, macet, merayap, dan lancar.



  • Untuk warna merah tua berarti jalan sedang berhenti total.
  • Untuk warna merah mengisyaratkan wilayah atau sekelilingnya sedang dalam kondisi padat/macet. 
  • Untuk warna kuning mengisyaratkan jika keadaan jalan raya padat merayap 
  • Untuk warna biru mengisyaratkan jika keadaan jalan sedang lancar atau lengang.



Fitur-Fitur Google Maps


Tidak hanya untuk mengetahui macet di google map juga menyediakan berbagau fitur lain yang dibutuhkan oleh pengemudi kendaraan. Apa saja fitur-fitur tersebut? Simak berikut ini :


1. Memindai   Lintas


Sudah kalian tahu, kalau Google Maps bisa memantau kondisi kemacetan lalu lintas secara langsung (real time). Jika jalan dalam keadaan macet, Google maps akan memberitahu kalian jalan yang lebih cepat berkat kemampuan AI nya. Hal ini berlaku untuk kendaraan selain mobil yakni sepeda motor dan sepeda pancal. Selalin itu, jalur tercepat untuk pejalan kaki juga ada.


2. Jalur Angkutan Umum


Kamu tidak memiliki kendaraan pribadi dan lebih memilih angkutan umum karena harganya terjangkau, tapi tidak tau lajurnya bagaimana? Tenang, Google Maps punya fitur melihat jalur angkutan umum kok. Jadi kamu tak perlu repot-repot menanyakan sopir angkutan umum tentang jalurnya. Oiya, Google Maps juga selalu mengupdate jalur angkot yang ada di Indonesia. Hebat, bukan?

cara melihat kemacetan lewat google map



3. Fasilitas Umum


Ini fitur yang sangat membantu juga, memberi informasi mengenai fasilitas umum. Kamu bisa menemukan ATM, restoran, pom bensin, hotel, dsb dengan mudah degan melihat google maps.

Cara mencarinya, kamu bisa masuk ke aplikasi Google maps, lalu klik di menu Explore yang ada di bawah. Biasanya, Google maps langsung merekomendasikan tempat yang kamu cari.


4. Informasi Jadwal Transit Bus Secara Langsung


Butuh informasi tentang jadwal keberangkatan bus? Google Maps menyediakanya kok. Kamu bisa mengetahui jadwal kedatangan bus ketika memeriksa rute yang ditempuh.


5. Mode Offline


Bagi kamu yang suka travelling ke tempat yang susah sinyal, kamu tak perlu takut tersesat lagi. Pasalnya, Google maps sudah menyediakan fitur mode offline. Kamu bisa menyimpan peta dimana tujuan kamu dan dapat dengan mudah mencari tempat tujuan meskipun dalam keadaan offline.


6. Terintegrasi Aplikasi Transportasi Online


Sekarang Google maps sudah memiliki fitur yang terintegrasi langsung dengan aplikasi transportasi online. Ia akan memmebritahu kamu berapa biaya transportasi online seperti Grab, gojek di perjalanan yang kamu cari. Jadi fitur ini membuat kamu lebih mudah membandingkan harga kedua transportasi online tersebut.

cara melihat kemacetan melalui maps



Akhir Kata


Terima kasih telah membaca artikel mengenai Cara Melihat Kemacetan Lewat Google Map dengan Mudah. Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat. Tambahkan komentar jika ada informasi yang kurang atau ingin bertanya.

Dicari juga : mengetahui macet di google map cara melihat jalan macet di google maps

1 Response to "Cara Melihat Kemacetan Lewat Google Map dengan Mudah"

  1. berguna banget dah pokoknya google map, gak ada lagi yang namanya tersesat di rumah mantan.. ups

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel