Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan Mudah Tanpa Software - TumesKecil

Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan Mudah Tanpa Software

Di era digital saat ini, internet adalah kebutuhan yang sangat krusial bagi setiap orang. Tanpanya, kegiatan komunikasi dan informasi akan menjadi terhambat.

Salah satu cara menggunakan internet di laptop adalah dengan menggunakan USB modem. Nah, sebenarnya jaringan internet yang didapat dari USB modem ini, bisa kamu share dari laptop sehingga cara kerjanya mirip dengan hotspot wifi, tapi ini di laptop.

Lalu, bagaimana cara membuat hotspot di laptop ?

Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan Mudah Tanpa Software


Sebelum menuju ke langkah cara membuat hotspot di laptop , mari pahami dulu mengenai hotspot.

Hotspot


Sebelum masuk ke topik pembahasan, tahukah kamu apa itu hotspot?. Untuk pengguna komputer portabel yang dilengkapi nirkabel, hotspot adalah jaringan LAN nirkabel (jaringan area lokal) yang menyediakan koneksi Internet dan akses jaringan pribadi virtual pada lokasi tertentu. Istilah ini umumnya identik dengan koneksi Wi-Fi. Jaringan yang menciptakan hotspot terutama mencakup modem dan router nirkabel.

Cara kerja hotspot ini yaitu gelombang frekuensi radio (RF) yang dikirim oleh jaringan nirkabel meluas ke arah yang berbeda dari lokasi terpusatnya. Sinyal-sinyal ini menjadi lebih lemah ketika mereka melakukan perjalanan, baik jauh dari lokasi pusat atau karena gangguan.

Saat ini tidaklah sulit untuk mencari area hotspot atau tempat hotspot secara gratis. Semakin banyak, tempat-tempat umum, seperti taman kota, bandara, hotel, dan kedai kopi menyediakan akses nirkabel gratis bagi pelanggan.


Hotspot gratis vs Hotspot komersial


Hotspot atau Wi-Fi gratis pada dasarnya merupakan router Wi-Fi yang memiliki akses internet dan tidak dilakukan konvigurasi password, sehingga hal ini memungkinkan bagi semua pengguna dalam jangkauan untuk mengakses internet dari jaringan yang sama secara gratis.

Hotspot komersial menyediakan jangkauan nirkabel dengan dikenakan biaya. Saat menggunakan hotspot komersial untuk terhubung ke Internet, pengguna biasanya diarahkan ke layar yang meminta informasi masuk atau detail pembayaran

Bahaya Hotspot Gratis



Hotspot memberikan kenyamanan bagi jutaan pengguna internet, tetapi mereka penuh dengan masalah keamanan. Misalnya, hotspot umum gratis sering menjadi target peretas dan pencuri identitas. Penyerang membuat hotspot palsu atau palsu yang terlihat identik dengan hotspot yang sah.

Jika pengguna tanpa sadar terhubung ke titik akses jahat ini dan menggunakan data sensitif mereka untuk login atau tujuan serupa, penyerang kemudian dapat dengan mudah mengambil data sensitif menggunakan teknik yang berbeda.

Baca Juga : Ethical Hacking Adalah Hacker Bersifat Positif


Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan Mudah Tanpa Software


Sebenarnya ada banyak cara membuat laptop jadi hotspot, dengan menggunakan software maupun tidak.

Di sini saya akan berbagi tutorial tentang cara mengaktifkan hotspot laptop dengan mudah tanpa download aplikasi. Yang terpenting kalian harus memiliki komputer dengan OS Windows 7 atau lebih tinggi.

Catatan : Pastikan laptop kalian menggunakan jaringan internet melalui USB modem atau LAN. Kebanykkan tidak bisa jika internet menggunakan WiFi, namun coba saja mungkin kamu bisa.

Berikut langkah-langkah cara membuat hotspot di laptop di laptop windows 7 , 8 , 10 dengan cmd :

1. Pertama kalian harus membuka Command Prompt sebagai administrator. Untuk membuka CMD kalian bisa menggunkan tombol kombinasi Keyboaard Win + X pada menu dan pilih Command Prompt (Admin).

Atau di windows 10, klik Win > ketik CMD > klik kanan pada Command prompt > Pilih run as administrator

 cara membuat hotspot di laptop


2. ketikkan perintah di bawah ini pada cmd, lalu tekan enter

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=nama hotspot key=8character

Kalian bisa mengganti tulisan yang berwarna merah dengan nama hotspot yang diinginkan, dan ganti tulisan berwarna biru dengan password hotspot yang diinginkan(harus berjumlah minimal 8 karakter).

cara membuat hotspot di laptop windows 7


3. Untuk menghidupkan hotspot kalian harus mengetikkan kalimat di bawah ini pada cmd.
netsh wlan start hostednetwork


4. Lalu, Masuk pada menu “Open Network and Sharing Center”, dengan cara mengklik kanan pada ikon network/wifi di pojok kanan bawah .

cara membuat hotspot di laptop windows 7 ke hp


5. Disini akan muncul nama hotspot yang kita buat tadi beserta koneksi hotspotnya tetapi, hotspot yang kita buat tadi belum memiliki koneksi internet. Agar dapat terkoneksi ikuti langkah selanjutnya.

cara membuat hotspot di laptop windows 10


6. Klik tulisan warna biru (koneksi yang telah terhubung dengan internet)
(lihat gambar dibawah)

cara membuat hotspot di laptop windows 7 ke hp


7. Klik pada pilihan “Properties”




8. Pilih tab Sharing




9. Pada bagian ini kita centang “Allow other network users to connect through this computer's Internet connection”, lalu pada pilihan “Home networking connection” pilih nama koneksi Hotspot yang kita buat tadi. Lalu klik OK.

cara membuat laptop sebagai hotspot


Sekarang Hotspot yang kita buat tadi telah terkoneksi internet, sehingga client yang terhubung akan mendapat akses ke internet.


Cara Mematikan Hotspot di Laptop


Untuk mematikan hotspot kalian harus mengetik perintah ini pada cmd

netsh wlan stop hostednetwork



Sering terjadi kegagalan dalam melakukan percobaan di atas karena biasanya banyak orang yang menggunakan Command Prompt , yang seharusnya menggunakan Command Prompt (Admin). Jadi baca dengan teliti tutorial Cara Membuat Hotspot di Laptop di atas untuk meminimalisir kegagalan ya.

Semoga tutorial ini dapat mempermudah untuk mengaktifkan hotspot melalui laptop. Sekian post tentang cara mengaktifkan hotspot laptop dengan mudah tanpa download aplikasi. Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan Mudah Tanpa Software"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel