9 Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Kamu Coba - TumesKecil

9 Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Kamu Coba

9 Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Kamu Coba - Ingin tau apa saja mesin pencari selain google ? Berikut TumesKecil bagikan search engine selain google yang bisa kamu coba!

92,8% pengguna internet di dunia menggunakan Google sebagai mesin pencari. Namun, tahukah kamu kalau mesin pencari bukan cuma Google, lho.

Ada puluhan bahkan ratusan mesin pencari di luar sana yang berdiri secara independen baik di kancah regional maupun di kancah global.

mesin pencari selain Google


Dilansir dari laman Jitaksara, berikut ini adalah 9 mesin pencari yang eksis di dunia selain Google. Simak informasinya di bawah ini!


    1. Naver


search engine selain Google

Jika kamu pernah berkunjung ke negeri ginseng, Korea Selatan, mungkin kamu mengetahui mesin pencari ini. Pasalnya, di negara tersebut Google tidak bisa digunakan secara leluasa.

Pangsa pasar Google di Korea Selatan habis dilahap oleh Naver yang merupakan mesin pencari lokal berbahasa Korea. Tentu Naver adalah mesin pencari selain Google yang menjadi media

Naver bisa memberikan hasil yang lebih akurat untuk pengguna internet di Korea Selatan dibanding Google karena pengaruh algoritma dan bahasa yang sudah dilokalisasi.


   2. Yandex


mesin search engine selain google

Lain Korea, lain Rusia. Di Negeri Beruang Merah tersebut Google juga gagal mengambil suara mayoritas.

Pasalnya, pencarian menggunakan bahasa Rusia lebih akurat dan sesuai jika dilakukan di Yandex daripada Google. Oleh karena itu, Yandex memenangkan persaingan jika dibandingkan dengan Google di Rusia.

Selain Russia, Yandex juga jadi mesin pencari yang banyak digunakan di negara lain, seperti Belarusia, Kazakhstan, Turki, dan Ukraina.


   3. Yahoo




Mesin pencari selain google selanjutnya dalah yahoo. Yahoo belum mati! Meski sekarang Yahoo sudah tidak setenar beberapa tahun ke belakang, namun pengguna setia Yahoo masih ada, kok.

Beberapa fitur di Yahoo seperti news, finance, dan email masih banyak memiliki pengguna loyal. Bahkan, secara global Yahoo menempati posisi mesin pencari ketiga setelah Google dan Bing.
Yahoo sendiri juga masih cukup sering digunakan di Jepang, lho.


   4. Baidu




Google memang raja mesin pencari di dunia, tapi tidak di Tiongkok. Di Negeri Tirai Bambu ini Google bahkan sangat sulit untuk bisa diakses.

Sebagai gantinya, pemerintah Tiongkok mengembangkan mesin pencari sendiri dengan algoritma yang disesuaikan dengan behavior orang Tiongkok, yakni Baidu.

Baidu sendiri menyumbang 74% pencarian dalam negeri Tiongkok. Angka yang besar, kan?



   5. Bing




Mesin pencari selain google kelima adalah Bing. Meski namanya belum sebesar Google, namun nama Bing sudah mulai sering terdengar di tengah para pengguna internet.

Bing adalah mesin pencari milik Microsoft dan hingga saat ini Bing menyumbang 6,45% pencarian di seluruh dunia. Pengguna mayoritas Bing datang dari Amerika Serikat.

Tampilan dari Bing juga makin menarik dan nyaman untuk digunakan. Tertarik untuk mencoba Bing?



   6. DuckDuckGo



Mesin pencari baru yang memiliki daya tarik di lini privasi ini datang untuk kamu yang tidak suka iklan. Yap, DuckDuckGo memiliki komitmen untuk melindungi data privasimu.

Dengan browsing menggunakan DuckDuckGo dijamin kamu tak akan menemukan iklan berseliweran karena mereka tak menggunakan tracker dalam bentuk apapun.


   7. Ask



Ask adalah mesin pencari yang berfokus untuk menjawab pertanyaan dari kata kunci yang kamu ketikkan. Ask sendiri sudah bukan pemain baru di dunia internet.

Salah satu fitur unggulan dari Ask adalah fitur smart answer di mana Si Mesin Pencari bisa merespons dan memberikan hasil yang lebih aktual untuk pertanyaan kamu.



   8. AOL




AOL dulu dikenal sebagai America Online Search. Mesin pencari ini adalah salah satu mesin pencari di bawah jaringan Bing.

AOL sendiri telah terikat kontrak selama 10 tahun dengan Microsoft, tepatnya pada tahun 2015, yang membuat AOL akan berkolaborasi dengan Bing untuk menghadirkan hasil pencarian yang lebih akurat.

Beberapa kanal unggulan di AOL, antara lain kanal berita, entertainment, finansial, dan gaya hidup. Jika kamu sedang mencari informasi-informasi seputar berita dan entertainment, AOL bisa kamu jadikan rujukan.


   9. Dogpile


macam-macam mesin pencari


Mesin pencari selain google yang terakhir adalah Dogpile. Dogpile bisa dibilang memiliki sifat semi mesin pencari dan semi aggregator pencarian. Pasalnya, Dogpile tidak menampilkan hasil pencarian milik sistemnya sendiri namun menampilkan hasil pencarian dari mesin pencari lain.

Dogpile diklaim mampu menampilkan lebih banyak dan beragam hasil pencarian jika dibandingkan dengan mesin pencari lainnya. Bahkan, laman Lifewire pernah merilis data bahwa Dogpile menampilkan 50% hasil pencarian yang tidak ditampilkan oleh mesin pencari lain. Jangan-jangan ada laman dari DeepWeb juga, nih?



Akhir Kata


Itu tadi 9 mesin pencari selain Google yang eksis dan bisa kamu gunakan. Jadi, jika kamu sudah tahu kan kalau sedang ke Korea Selatan, Rusia, Tiongkok dan Jepang harus memakai mesin pencari apa?
Jangan lupa bagikan tulisan ini agar berguna untuk banyak orang, ya!

Dicari juga : macam-macam mesin pencari mesin pencari selain google dan perbedaannya search engine selain google

0 Response to "9 Mesin Pencari Selain Google yang Bisa Kamu Coba"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel