5 Cara Memilih Powerbank yang Berkualitas Bagus - TumesKecil

5 Cara Memilih Powerbank yang Berkualitas Bagus

Pengguna gadget yang terus meningkat memengaruhi sektor lain dalam memproduksi perangkat pendukung. Sebagai contoh adalah power bank yang menjadi aksesori berguna untuk melakukan pengisian ulang daya baterai smartphone, kamera digital, smartwatch, ataupun golongan gadget lainnya.

Pabrikan kenamaan layaknya Aukey, Samsung, Anker, dan Orico menawarkan power bank dengan kapasitas yang berbeda-beda. Semakin besar kapasitas daya yang tertanam pada power bank, maka membuat penggunaannya pun lebih lama. Oleh sebab itu, bagi Anda yang hendak membeli power bank, sebaiknya menyesuaikan kebutuhan agar nanti bisa maksimal pemakaiannya.

Sebagai perangkat yang dirancang agar bersifat portabel menjadikan power bank kerap dibawa kemana-mana. Bahkan bukan hanya sebagai teman bepergian, peranti ini pun juga banyak dibawa pelajar ke institusi pendidikan guna menunjang berbagai kebutuhan, entahkah untuk mengerjakan tugas, melaksanakan ujian, bersosial media, dan lain sebagainya.


5 Cara Memilih Powerbank yang Berkualitas Bagus



Cara Memilih Power Bank yang Berkualitas


Mengetahui begitu pentingnya power bank terhadap pemilik gadget, tak jarang produsen yang nakal dalam memproduksi power bank. Bodi yang besar dan berat tidaklah selalu menandakan kapasitas baterai yang besar. Sudah banyak ditemui kasus bahwa saat dilakukan pembedahan isi power bank, di dalamnya justru terdapat pasir sebagai pemberatnya.

Karenanya, agar terhindar dari tindak penipuan, sebaiknya Anda simak bagaimana tips memilih merk power bank terbaik berikut ini.


Pilihlah daya power bank yang lebih besar dari baterai gadget


Jika ingin membeli power bank untuk dipakai pada smartphone, Anda perlu memperhatikan kapasitas dari baterai smartphone dan power bank yang hendak dibeli. Kami menyarankan agar Anda memilih power bank yang kapasitas simpan dayanya lebih besar dari ponsel pintar kepunyaan Anda. Bila perlu, carilah yang dua hingga tiga kali lipat lebih besar.

Mengapa begitu? Alasannya, seringkali keterangan yang tertera pada badan produk tidak bisa terpakai seutuhnya. Oleh sebab itu, semisal Anda memiliki ponsel berdaya baterai 3.000mAh, maka pilihlah power bank yang minimal berkapasitas 6000mAh. Saat ini sudah banyak power bank dengan daya tampung di atas 10.000 sehingga Anda bisa melakukan pengisian ulang hingga dua kali.
Samakan nilai aliran daya pada ponsel dan power bank.

Ponsel pintar diproduksi dengan beragam fitur canggih yang semakin memanjakan penggunanya. Sebagai contoh, Anda tentu sudah tak asing dengan fitur pengisian cepat (fast charging), bukan? Fitur ini biasanya ditemukan pada ponsel pintar dengan kisaran harga 1 jutaan ke atas.

Mekanisme dari fitur pengisian cepat adalah dengan mengirimkan arus daya ke smartphone dengan nilai yang besar. Semakin besar arus daya yang dikirimkan, maka ponsel Anda akan lebih cepat penuhnya. Hal ini dapat Anda jadikan referensi pula dalam memilih power bank. Samakan tingkat arus yang mampu ditoleransi oelh ponsel Anda agar bisa memperpanjang usia baterai. Sebisa mungkin, carilah power bank yang besaran arus kirimannya sama besar dengan ponsel Anda.


Pertimbangkan fitur keamanan yang disematkan


Fitur keamanan pada power bank sangat membantu pengguna terhindar dari berbagai bentuk kecelakaan. Beberapa produsen menciptakan produk dengan banyak bentuk proteksi.

Misalnya, power bank akan mencegah terjadinya arus pendek atau korsleting. Dengan adanya fitur ini, ponsel Anda akan lebih aman dan Anda pun akan terhindarkan dari risiko tersetrum.

Selain fitur proteksi arus pendek, power bank juga dibekali fitur lain semacam Over Charging Protection. Ini adalah fitur yang aktif ketika baterai ponsel telah penuh. Jadi, power bank akan mati dengan sendirinya alias otomatis sewaktu baterai sudah 100% status baterainya. Fitur lain yang bisa ditemui dari power bank adalah pengatur panas berlebihan atau Temperature Protection.


Utamakan memilih produk bermerek orisinal


Jangan pernah tertipu dengan harga yang murah. Maka dari itu, kami sarankan agar Anda membeli power bank dengan merek yang sudah diakui banyak orang. Nama-nama seperti Sony, Samsung, Asus, Vivan, dan Xiaomi telah menjadi pabrikan terpercaya.

Meski begitu, tetap waspada karena celah terjadinya tindak pemalsuan bisa saja terjadi oleh sejumlah oknum, terutama di toko-toko online yang kurang terpercaya. Bila menemukan power bank berkapasitas besar dengan banyak fitur dari merek ternama, namun harga jualnya tergolong murah, maka Anda patut waspada terhadap produk tersebut.


Pilihlah tipe yang sesuai dengan kebutuhan


Buat yang belum tahu, power bank terbagi menjadi dua jenis, yakni power bank dengan baterai kering dan power bank dengan baterai yang bisa diisi ulang sehingga dapat dipakai berkali-kali.

Buat Anda yang memerlukan power bank dadakan namun tak ingin mengeluarkan bujet lebih karena satu dan lain alasan, maka power bank tipe baterai kering dapat dijadikan pilihan. Harga yang relatif murah dengan kapasitas yang cukup akan membantu Anda saat bepergian.

Bila ingin memakai produk secara berulang, maka pilihlah power bank dengan sistem masukan daya ampere. Tipe ini paling banyak diproduksi sehinga Anda takkan kesulitan menemukannya.

Untuk harganya sendiri beragam, tergantung pada kapasitas baterai dan fitur yang terbenam di dalamnya. Disarankan untuk memilih power bank dengan ukuran kompak sehingga tak makan banyak tempat di tas Anda.


Akhir Kata

Seusai memahami poin-poin yang perlu diperhatikan saat mencari power bank, selanjutnya Anda bisa menyiapkan bujet dan pergi ke toko untuk membeli produk dengan kriteria yang diinginkan. Bila tak ingin ribet, Anda bisa melakukan pemesanan secara online di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan sebagainya.


0 Response to "5 Cara Memilih Powerbank yang Berkualitas Bagus"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel