6 Cara Memperkecil Ukuran (Kompres) File PDF Secara Online Dan Offline - TumesKecil

6 Cara Memperkecil Ukuran (Kompres) File PDF Secara Online Dan Offline

PDF merupakan salah satu format dokumen yang digunakan untu keperluan pertukaran dokumen digital. Format ini pertama kali dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993. Awalnya format ini dibuat hanya untuk digunakan untuk pertukaran dokumen saja. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, format ini juga banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari teks, grafik vector dan gambar.

Format PDF biasanya sering digunakan di berbagai administrasi perkantoran karena sangat fleksibel dan mudah digunakan. Di dalamnya tidak hanya berisi teks biasa saja, kita juga bisa menambahkan gambar dan link dengan format khusus yang bisa dibuka di komputer lain. Akan tetapi, semakin banyak teks dan gambar yang terdapat di dalam dokumen, maka akan membuatnya memiliki ukuran yang juga semakin besar.

Ukuran dokumen PDF yang besar biasanya bisa menjadi kendala bagi sebagian besar orang, terutama ketika ingin meng-upload dokumen untuk keperluan administrasi (misalnya melamar pekerjaan dan tugas akhir kulih). Suatu portal website biasanya membatasi ukuran dokumen yang bisa kita upload, misalnya tidak lebih dari 2 MB.

Masalah itu biasanya akan membuat kita pusing 7 keliling kalau tidak mengetahui cara mengatasinya. Padahal kalu kita tahu, caranya itu sangat mudah sekali. Kita bisa melakukannya secara online maupun online,bisa dilakukan di PC/Laptop maupun Android.


Kamu pernah mengalami masalah seperti itu? Sama saya juga pernah merasakannya. Nah seketika itu saya cari tahu bagaimana solusi jika terjadi hal seperti itu. Nah sekarang saya akan berbagi pengalaman saya untuk memperkecil ukuran (Kompres) PDF secara online ataupun online. Yuk simak baik-baik ulasannya di bawah ini.


6 Cara Memperkecil Ukuran (Kompres) File PDF Secara Online Dan Offline


Cara Memperkecil Ukuran (Kompres) File PDF Online


Ada beberapa situs yang menyediakan layanan kompres file PDF. Tapi tentu saja kamu membutuhkan koneksi intenet karena cara ini adalah online. Nah disini akan saya berikan beberapa situs yang bisa kamu kunjungi.


1.iLovePDF


Situs pertama yang saya rekomendasikan untuk kompres file PDF adalah iLovePDF. Bukan hanya itu saja, situs ini juga menyediakan layanan lainnya untuk keperluan editing file PDF, misalnya menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang haru kamu lakukan jika ingin kompress file PDF di iLovePDF.

1. Buka situs ilovepdf.com dan klik Compress PDF

2. Klik Select PDF File dan pilih file mana yang akan kita kompres

3. Setelah itu klik Compress PDF

4. Tunggu hingga proses kompres selesai. Proses ini akan semakin lama jika file PDF kamu besar

5. Jika prose kompres sudah selesai, biasanya akan ter-download secara otomatis. Jika tidak, klik Download Compressed PDF


2. SmallPDF


Kamu juga bia mengunjungi situs SmallPDF jika ingin mengompress file PDF kamu. Salah satu kelebihan dari situs ini yaitu bisa memilih file pdf yang kita simpan di Dropbox ataupun Google Drive. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Kunjungi situs smallpdf.com dan klik Compress PDF

2. Drag and Drop File PDF yang akan kam kompres ke dalam kotak atau bisa juga dengan klik Pilih File

3. Tunggu hingga proses kompress selesai

4. Jika proses kompres telah selesai, klik unduh file sekarang, atau klik pada ikon Dropbox atau Google Drive untuk menyimpannya pada akun Dropbox/Google Drive


3. PDFCompressor


Selain 2 situs di atas, kamu juga bisa mengunjungi PDFCompressor untuk memperkecil ukuran file PDF. Langkah-langkahnya bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Buka situs pdfcompressor.com

2. Klik Unggah File (Upload File) atau dengan bisa juga dengan cara Drag and drop file PDF yang akan kamu kompress ke dalam kotak.

3. Tunggu proses kompress hingga selesai

4. Jika telah selesai, Klik Unduh (Download)


Cara Memperkecil Ukuran (Kompres) File PDF Online


Selain secara online, kamu juga bisa kompress PDF secara offline dengan menggakan aplikasi tertentu. Cara ini bisa kamu lakukan jika tidak ingin menguras data internet karena cara ini tidak membutukan koneksi internet sama sekali.

Akan tetapi kamu haru memiliki beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan jika ingin mengompress file PDF secara offline. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan untuk kompress PF.


1. Ms. Word 2013


Sebagian besar orang pasti terpasang aplikai Ms Word untuk keperluan administrasi mereka. Mereka bisa dengan mudah membuat dokumen di aplikasi ini. Nah ternyata aplikasi ini tidak hanya bisa kita gunakan untuk keperluan mengetik saja, tapi juga bisa digunakan untuk kompress file PDF. Tapi Ms Word yang kamu gunakan harus versi 2013 ke atas. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Buka File PDF yang ingin kamu kompress dengan aplikasi Word 2013

2. Setelah itu Save as dan pilih type PDF

3. Kemudian pilih Minimum Size (Publishing Online) pada opsi Optimize for.

4. Klik Save untuk menyimpannya.

Oiya, selain itu Ms.Word bisa juga digunakan untuk merubah pdf ke word dengan mudah.


2. Nitro PDF


NitroPDF merupakan aplikasi viewer PDF yang sudah terkenal. Aplikasi ini ternyata juga bisa kita gunakan untuk compress PDF dengan cara memnfaatkan fitur Reduced Size. Tapi sayangnya software ini berbayar ya. Karena saya tidak puny aplikasinya, jadi tak kasih tutorialnya ya hehehe.


3. Orpalis PDF Reducer


Aplikasi Orpalis PDF Reducer khusus digunakan untuk kompress file PDF saja. Jadi kamu jangan berharap hal-hal lain pada apkasi ini. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Orpalis PDF Reducer

2. Pilih File PDF yang akan kamu kompress dan cara lik pada tombol .... pada bagian Source. Emudian klik tombol ... pada bagian Destination untuk menentukan direktori penyimpanan yang telah dikompress.

3. Klik Start Batch untuk memulai proses kompressing

4. Tunggu hingga proses kompres selesai. Nanti akan muncul Pop Up Window jika proses ini telah selesai.


4. Adobe Acrobat Pro


Adobe Acrobat Pro merupakan aplikasi yang diterbitkan oleh Adobe dan sudah memiliki jutaan pengguna. Mungkin sebagian dari kita adalah pengguna setia dari aplikasi ini untuk membuka file PDF. Nah aplikasi ini juga bisa kita gunakan untuk mengompress file PDF. Langah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Buka file PDF yang akan kamu kompres

2. Klik File > Save As Other > Reduced Size PDF

3. Kemudian akan muncul Pop Up Window, pilih Make Compatible With, lalu klik OK

4. Pilih direktori folder untuk menyimpan file PDF tersebut. Klik Save



Akhir Kata

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil file PDF. Cara yang satu bagikan itu sangat mudah untuk dilakukan. Jika ingin lebih praktis, gunakan cara online tapi dengan catatan kamu harus memiliki koneksi internet.

Gunakan cara offline jika tidak memiliki koneksi internet. Dengan begitu kamu tidak usah panik lagi jika file yang akan kamu upload ukurannya besa ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Penulis - https://www.cecepkocep.com

0 Response to "6 Cara Memperkecil Ukuran (Kompres) File PDF Secara Online Dan Offline"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel