Cara Mengatasi Masalah Pada Linux Untuk Pemula - TumesKecil

Cara Mengatasi Masalah Pada Linux Untuk Pemula

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang menggunakan kernel linux sebagai kernelnya. Sistem operasi ini bersifat terbuka atau open source sehingga pengguna bebas untuk memodifikasinya.
Untuk kamu yang hobi dengan programming ataupun hobi memodifikasi sistem operasi, linux sangat cocok untuk kamu gunakan. Mengapa begitu ? Karena Linux menawarkan berbagai kelebihan ketimbang Windows. Apa saja itu? Simak terus artikelnya

Kelebihan Linux

Berikut ini beberapa kelebihan linux dibnding windows :

Ringan

Apabila kamu terkendala dengan komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi rendah, sangat di anjurkan untuk menggunakan sistem operasi linux, karena beberapa distro linux memberikan hardware requirements yang cukup rendah. Hanya bermodalkan laptop atau komputer dengan RAM 1GB dan CPU setidaknya 1Ghz kamu sudah dapat menjalankan komputer kamu tanpa terkendala oleh CPU usage.

Sangat Aman Dari Virus

Alasan yang kedua, yaitu linux aman terhadap virus. Tak seperti windows yang rentan terhadap virus dan serangan hacker. Linux sangat aman dari virus karena apabila terdapat perubahan sistem akan meminta perizinan dari penggunanya.

Gratis

Walaupun banyak bertebaran sistem operasi windows berjenis crack atau gratis, banyak orang yang memperhitungkan dengan teliti untuk menggunakan sistem operasi linux. 

Terkadang ada orang yang berpendapat bahwa apabila sistem operasi atau software pada komputer mereka crack atau hasil bajakan, dan komputer di pergunakan untuk bekerja, maka hasil dari jerih payah mereka termasuk haram. Oleh karena itu, sangat di anjurkan untuk menggunakan sistem operasi linux.

Forum dan Komunitas Linux

Hal terbaik yang ada di Linux terdapat pada komunitas atau forumnya. Jika suatu saat kamu mengalami masalah atau kendala pada linux kamu tak perlu susah payah mencari ke blog atau webstie untuk mengatasi masalahmu tersebut. 

Cukup datang ke forum linux dan membuat postingan tentang masalah mu, maka akan banyak tanggapan atau komentar untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika kamu sudah mempertimbangkan beberapa alasan untuk segera memasang linux di atas, dan kamu sudah menginstall linux sebagai sistem operasi komputer, maka yang perlu kamu perhatikan adalah masalah yang akan datang.


Cara Mengatasi Masalah Pada Linux Untuk Pemula  


Banyak dari pemula linux khususnya yang dari windows berpindah ke sistem operasi linux memiliki beberapa masalah pada OS mereka. Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi pada linux dan solusi mengatasinya :

Cara Mengatasi Masalah Pada Linux Untuk Pemula



1. Masalah Resolusi Layar Linux


Kendala utama bagi para pemula yang ingin berpindah ke sistem operasi linux terletak pada resolusi layar. Tak sedikit orang yang mengalami masalah seperti ini, saya sendiri juga pengguna linux, dulu saya juga mengalami masalah resolusi layar linux tidak ada daftar opsi atau hanya 640x480.
Untuk solusi mengatasi display linux not available option tersebut cukup mudah. Kamu hanya perlu menambahkan beberapa settingan pada xrandr.


2. Masalah System Problem Detected


Image : codekop

Untuk permasalahan ini kamu tidak perlu khawatir atau berpindah hati ke OS lainnya, walaupun masalah error System Problem Detected sering mengganggu aktivitas kamu. Berikut ini adalah Cara Mengatasi System Probleb Detected Pada Linux :
  • Pertama silahkan buka terminal kamu dengan cara ketik CTRL + ALT + T
  • Kemudian cek aplikasi atau software apa saja yang menyebabkan masalah terjadi dengan cara ketik command cd /var/crash -> enter -> kemudian ketik command ls dengan . \
Image : codekop
  • Langkah selanjutnya hapus penyebab masalah kerusakan atau crash tersebut  dengan cara mengetikan command  sudo rm /var/crash/*
  • Jika sudah, maka kamu akan disuruh untuk memasukan password, masukan saja password security kamu kemudian klik enter.
Sampai pada langkah ini kamu sudah berhasil menghapus penyebab masalah System Problem Detected. Namun tak berhenti di situ, walaupun penyebabnya sudah kamu atasi, kamu harus masuk ke system apport dan menonaktifkan apport dengan cara berikut :
  • Masuk ke terminal linux dengan cara tekan tombol CTRL + ALT + T
  • Masuk ke system apport dan edit dengan cara ketik command sudo gedit/etc/default/apport . Apabila di minta untuk memasukan password, silahkan masukan saja. Maka akan tampil isi dari pengaturan apport kurang lebih seperti ini.
Image : codekop
  • Langkah selanjutnya, nonaktifkan apport dengan cara mengganti angka pada enable=1 menjadi enable=0 , kemudian save lalu restart apport dengan cara ketik command sudo restart apport 
  • Apabila sudah silahkan restart komputer kamu, dan lihat apa yang terjadi.
Cara di atas merupakan pengalaman pribadi dan sudah saya terapkan sendiri. Apabila masih muncul pesan error, berarti masih ada yang kurang atau terlewatkan pada langkah di atas, silahkan untuk ulangi sekali lagi.


Tentang Penulis

Fajar Ardianto adalah pemilik sekaligus pendiiri blog BosNdeso.com yang bertemakan Wisata, Informasi, Blogging dan Tutorial . Berharap besar agar pembaca dapat memperoleh informasi ataupun solusi untuk mengatasi masalahnya.

0 Response to "Cara Mengatasi Masalah Pada Linux Untuk Pemula "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel