Cara Menghubungkan HP ke TV LCD dengan dan Tanpa Kabel - TumesKecil

Cara Menghubungkan HP ke TV LCD dengan dan Tanpa Kabel

Cara Menghubungkan HP ke TV - Ingin tau bagaimana cara menghubungkan hp ke tv tanpa kabel ? Sebenarnya cara menghubungkan hp ke tv led cukup mudah. Dengan mengikuti tutorial cara menyambungkan hp ke tv berikut, kamu pasti berhasil. Berikut artikel mengenai cara menghubungkan layar hp ke tv .

Jika menggunakan handphone sudah tidak kuat menatap layar yang cukup lama, kini kamu bisa memindahkan layar handphone kamu ke televisi. Dengan begini kamu bisa memainkan handphone dalam waktu yang lama dan nyaman saat dimainkan.

Menggunakan layar TV untuk menampilkan apa yang ada di layar HP membuat tampilan yang dari layar HP kecil menjadi lebih besar. Tentu ini akan menjadi kepuasan tersendiri ketika menonton film/YouTube atau bermain game dengan layar TV tapi terhubung langsung dengan HP.

Lalu, bagaimana cara menyambungkan hp ke tv ?



Cara Menghubungkan HP ke TV LCD


Untuk menyambungkan HP ke TV butuh perangkat yang memenuhi syarat. Untuk TV nya, kamu bisa pakai TV LED. gak perlu Smart TV yang lebih mahal yang sudah ada fitur mirroring (bahasa lain menghubungkan layar hp ke tv). TV LED saja sudah cukup karena sudah bisa mirroring dengan perangkat tambahan melalui port USB dan HDMI.

Ada beberapa cara menyambungkan layar hp ke tv LED. Kamu terapkan salahsatunya saja. Namun jika gagal, kamu bisa memakai cara lainnya. Berikut cara menghubungkan hp ke tv :


6 Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Mudah


Berikut beberapa cara menghubungkan hp ke tv led :



A. Cara Menghubungkan HP ke TV Menggunakan Anycast / Miracast HDMI Dongle (Rekomendasi)


Mengapa cara ini kami rekomendasikan? Karena cara ini cukup praktis karena tak perlu menghubungkan HP ke TV menggunakan kabel dan membuat gerak lebih susah. Jadi, HDMI Dongle menggunakan wireless (jaringan tanpa kabel).

Tidak hanya bisa digunakan untuk android saja, untuk iphone dan windows juga jadi cukup fleksible untuk digunakan pada perangkat apapun.

Keuntungan menggunakan Anycast/Miracast adalah, kamu tidak perlu membutuhkan jaringan WIFI. Namun dengan catatan berikut :

Catatan! : Pastikan HP sudah support DLNA/WiFi Display Screen Mirror ya. Jika tidak, lanjut ke poin selanjutnya (B)

Saat pertama kali membuka kardus, kamu akan menemukan perangkat konektor HDMI, dan sebuah kabel yang bercabang. Kabel bercabang ini untuk dihubungkan ke USB (untuk dayanya) sedangkan WiFinya kita biarkan. Untuk colokan HDMI nya di colokkan ke port HDMI TV.

Untuk mendapatkan perangkat HDMI Dongle Anycast/Miracast, kamu bisa membelinya secara online dengan harga berkisar 125rb an dengan merk Anycast atau bisa juga Miracast

Detail cara menyambungkan  HP ke TV dengan Anycast :

Menyiapkan Anycast


1. Jika kabel dongle belum terpasang, Pasang kabel bercabang ke Dongle Anycast

2. Hubungkan colokan HDMI Dongle ke port HDMI TV. Hati-hati karena kakinya banyak.

3. Hubungkan USB Dongle ke port USB TV. Jika tidak ada port USB di TV maka bisa pakai charger, lalu hubungkan ke stopkontak

Jika terpasang dengan benar, maka lampu indikator akan menyala.


Menghubungkan Anycast


1. Hidupkan TV.

2. Pada remote TV, pilih Input/Source > pilih HDMI (bisa 1 atau2)

3. Pada HP, buka PlayStore dan download Miracast WIFI Display

4. Buka aplikasinya dan pilih Connect.

5. Jika muncul Anycast, pilih Anycast

6. Selesai. Sekarang layar di HP kamu persis dengan TV. Begitu juga dengan suara akan muncul di TV saja dan di Hp akan mati.

Sekarang kamu bisa menonton film/YouTube atau main game lebih puas lagi dengan layar TV yang lebih gede.

Perlu kalian ketahui juga bahwa suara dari handphone akan berpindah ke televisi dan volume bisa diatur melalui handphone kamu. Walaupun harga dari anycast cukup mahal tapi ini salah satu alat mirroring yang paling di rekomendasikan banyak orang.




B. Cara Menghubungkan HP ke TV dengan EZCast HDMI Dongle


Sama seperti cara menghubungkan layar hp ke tv tanpa kabel sebelumnya, perangkat yang kamu butuhkan adalah TV LED, HP, dan perangkat EZCast yang dijual seharga 120rb an di online shop.

Cara ini sebenarnya sama dengan cara di atas. Namun, kamu menggunakan cara ini jika kamu memakai Wireless Display (WD) merk lainnya yakni Anycast.

Untuk perangkatnya sendiri dujual berisar 200rb an

Catatan! : Bedanya EZCast dengan Anycast adalah jika Anycast membutuhkan HP yang support Screen Mirror. Namun jika tidak, kamu bisa menggunakan EZCast. Tapi di sini kamu membutuhkan koneksi WIFI.

Cara menyambungkan hp ke tv dengan ezcast :

Menyiapkan EZCast


1. Jika kabel dongle belum terpasang, Pasang kabel bercabang ke Dongle Anycast

2. Hubungkan perangkat EZCast ke port HDMI di TV LED

3. Hubungkan USB Dongle ke port USB TV. Jika tidak ada port USB di TV maka bisa pakai charger, lalu hubungkan ke stopkontak


Menghubungkan TV, Hp, dan EZCast


1. Hidupkan TV, pilih Input/Source > pilih HDMI (bisa 1 atau2)

2. Nah, nanti akan muncul EZCast

3. Download dan instal aplikasi EZCast di Playstore


4. Buka aplikasinya > klik ikon di pojok kanan atas > Hubungkan ke Wifi EZCast dengan SSID yang tertera dan masukkan pasword yang tertera di TV

cara menyambungkan hp ke tv tanpa kabel


5. Kembali ke home, klik menu hamburger (garis tiga) di pojok kiri atas > pilih Settings.

Nah, sekarang HP kamu bisa menjadi remote untuk mengatur pengaturan EZCast dengan memasukkan SSID

6. Pilih Internet (logo WIFI), tunggu sebentar > pilih WIFI yang ada

7. Selesai. Sekarang kamu keluar dari aplikasi dan bebas menampilkan layar HP ke TV




C. Cara Menghubungkan HP ke TV Menggunakan Chromecast


Cara menghubungkan layar hp ke tv tanpa kabel selanjutnya adalah mengguakan dongle chromecast. Sebelum berlanjut, asal kamu tahu, chromecast ini yang original di JD ID mencapai 549rb. Dulu dijual resmi di Lazada seharga 649rb. Alasan mahal karena piranti ini buatan Google, jadi diproduksi lebih bagus dan pastinya lebih berkualitas dari dongle lainnnya.

Fitur yang dimiliki oleh Chromecast ini lebih kaya dari dongle lainnya. Ia bisa screening youtube di HP tanpa harus masuk ke mode fullscreen dulu. Selain itu, karena Chromecast punya google, jadi ia bisa terhubung dengan layanan google lainnya. Jadi kayak terintegrasi penuh di Android. Intinya, fiturnya lebih premium.


Tapi, setelah saya cari-cari di olshop lainnya yang bukan official store, saya temukan banyak sekali chromecast yang memiliki harga 100rb an, yang mana saya rasa itu bukan barang orisinil. Namun jika barang tsb terintegrasi dengan layanan Google, mohon memberikan pengalaman kamu di kolom komentar.

Jika kamu memang minat menggunakan piranti ini, berikut beberapa hal yang kamu butuhkan sebelum menggunakannya :
  • Perangkat Chromecast.
  • Aplikasi Google Home Google Home app versi terbaru.
  • Versi terbaru Google app  (khusus Android. Download di sini).
  • Akun Google.
  • TV soppurt HDMI
  • Perangkat seluler atau tablet yang kompatibel dan mendukung sambungan 5GHz untuk bisa terhubung di Chromecast di koneksi 5GHz. Jaringan WPA2-Enterprise tidak didukung.
  • Memenuhi persyaratan Sistem Operasi (OS) minimum untuk menjalankan aplikasi Google Home Google Home app.
  • Koneksi internet WIFI


Menyiapkan Chromecast


1. Hubungkan colokan HDMI Chromecast ke port HDMI TV. Hati-hati karena kakinya banyak. Karena menggantung, manfaatkan magnet yang ada di kabel HDMI untuk ditempelkan ke dongle-nya.

2. Hubungkan micro USB Chromecast ke port USB TV. Jika tidak ada port USB di TV maka bisa pakai charger, lalu hubungkan ke stopkontak


Menghubungkan Chromecast


1. Pada remote TV, pilih Input/Source > pilih HDMI (bisa 1 atau2)

2. Pada HP, buka settingan WiFi dan sambungkan ke WiFinya Chromecast

3. buka PlayStore dan download Google Home 




4. Buka aplikasi Google Home, klik ikon di pojok kanan atas > pilih Set Up > Pilih Continue

5. Jika muncul kode, klik saja I See It > Lalu beri nama > Klik Continue

Setelah memilih Continue, maka kammu akan memilih jaringan Wifi yang akan terhubung juga dengan Chromecast


D. Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Adapter HDTV/MHL


Cara Menyambung HP ke TV selanjutnya adalah menggunakan kabel HDMI. Cara ini tidaklah sulit karena kamu hanya tinggal menyambungkan antar kabel.

cara menyambungkan hp ke tv dengan mhl


Berikut langkah-langkah cara menghubungkan hp ke tv dengan adapter HDTV/MHL :

1. Belilah adapter HDTV (harganya 20-50rb an), dan kabel HDMI ke MHL

2. Sambungkan adapter ke port/colokan HDMI TV kamu dengan kabel HDMI ke MHL (MHL untuk port adapter). Jangan lupa juga sambungkan adapter ke HP kamu dengan kabel micro USB punya Adapter

3. Sambungkan adapter dengan charger ke stopkontak untuk dayanya

4. Hidupkan TV > Pada remote TV, pilih Input/Source > pilih HDMI (bisa 1 atau2)

5. Selesai. Sekarang layar di HP kamu persis dengan TV. Begitu juga dengan suara akan muncul di TV saja dan di Hp akan mati.


E. Cara Menghubungkan HP ke TV Menggunakan Fitur Screen Mirroring 


Untuk pengguna TV yang sudah dibekali fitur Screen Mirroring, dan juga smartphone yang support Mirroring, kamu gak perlu pakai perangkat tambahan lagi untuk menghubungkan hp ke tv.

Hanya dengan cara mengaktifkan fitur screen Mirroring pada HP mu > pilih Input/Source pada remote tv > pilih screen Mirroring maka otomatis hp tersambung dengan tv.

Yang kami ketahui, fitur ini ada pada TV Samsung dan support di HP Samsung Galaxy S5 ke atas. Di beberapa smartphone yang menengah ke atas juga ada.

Berikut video singkat mengenai cara menyambungkan hp ke tv samsung dengan screen mirroring



F. Cara Menghubungkan HP ke TV Menggunakan Kabel 


Cara menghubungkan hp ke tv yang terakhir adalah dengan menggunakan kabel micro USB to HDMI.

Jika kamu ingin ribet menghubungkan hp ke tv , jawabannya dalah dengan menggunakan kabel. Kabel yang akan kita gunakan adalah kabel micro USB to HDMI. Kabel ini biasa dijual di online shop seharga kurang dari 100rb.

cara menyambungkan hp ke tv dengan kabel hdmi


Setelah memiliki kabel micro USB to HDMi dan perangkat smartphone yang mendukung, berikut lagkah-langkah cara menghubungkan hp ke tv dengan kabel hdmi :

1. Matikan TV LED

2. Hubungkan micro USB  (yag kecil) ke port smartphone kamu, dan HDMI ke port HDMI di TV. Hati-hati dalam memasang colokan kabel karena kaki HDMI rawan rusak.

Kalau misal kabel kamu ada kabel USB nya, pasangkan keport USB di TV. Jika di TV tidak ada, maka pasangkan ke charger dan pasang ke stopkontak.

3. Hidupkan TV. Pada remote TV, pilih Input/Source > pilih HDMI (bisa 1 atau 2)

4. Buka HP, aktifkan menu HDMI Connection yang muncul dan beri checklist

5. Selesai. Tampilannya sekarang sudah sama antara HP dan TV.



Tips Tambahan untuk Audio


Jika kamu ingin audio lebih kencang, hubungkan speaker ke HP menggunakan kabel amplifier yang dimiliki oleh speaker. Oiya, Jika setelah kabel amplifier dicopot dan HP kamu mengalami masalah mode headset terus menerus, kamu bisa cek cara mengatasi mode headset tidak hilang

Dicari juga : cara menghubungkan hp ke tv led tanpa kabel cara menyambungkan hp ke tv cara menyambungkan hp ke tv tanpa kabel


Akhir Kata

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Cara Menghubungkan HP ke TV LCD dengan dan Tanpa Kabel (Android dan iOS). Bagikan artikel ini ke sosial media kamu melalui tombol sosial media di bawah jika menurutmu artikel ini menarik dan bermanfaat. Tambahkan komentar jika ada informasi yang kurang atau ingin bertanya.

Dicari juga : cara mengganti alamat ip android manual cara ubah ip android manual cara mengganti ip address android tanpa aplikasi

0 Response to "Cara Menghubungkan HP ke TV LCD dengan dan Tanpa Kabel "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tak menyinggung pihak manapun. Komentar yang tidak relevan (spamming) akan dihapus oleh kami. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel